Saturday, September 4, 2010

Pindahkan Ibukota dengan Bangun Kantor Kementerian di Daerah

Jakarta - Solusi mengatasi kemacetan bukan hanya dengan pemindahan ibukota. Yang utama sebenarnya pemerataan pembangunan agar sumber daya juga menyebar ke daerah. Salah satu caranya dengan memindahkan kantor kementerian ke daerah.

"Cara yang paling bagus memindahkan kementerian vital ke tempat yang lebih masuk akal. Misalnya Kementerian Kelautan ke wilayah Ambon, Makassar, atau Manado. Yang menangani infrastruktur di NTT, dan pertahanan di daerah perbatasan," kata sosiolog, Thamrin Amal Tamagola saat dihubungi detikcom, Sabtu (4/9/2010).

Dia menjelaskan, kalau kementerian tersebut dipindahkan ke daerah, maka pihak-pihak yang berurusan dengan kementerian itu akan pula banyak beraktivitas di daerah. Otomatis daerah tersebut pun akan berkembang, mulai dari hotel, restoran, dan tempat hiburan.

"Ini juga supaya daerah terbangun. Pemindahan kementerian ke daerah ini akan berakibat panjang bagi pembangunan daerah yang bersangkutan," terangnya.

Saat ini, Jakarta dinilai sudah menjadi pusat segalanya. Segala aktivitas pemerintahan berlangsung di Jakarta, tanpa pembangunan yang memadai kemacetan menjadi tak terhindarkan.

"Kita lihat semua bidang kehidupan sosial budaya akan membuat kota manapun mengalami kelumpuhan lalu lintas," tutupnya.

No comments: