Saturday, September 25, 2010

BlackPad, Tablet BlackBerry Hadir Pekan Depan


Kelihatannya Apple terus diteror kompetitornya. Setelah Samsung Galaxy Tab diluncurkan beberapa waktu lalu, Apple iPad akan kedatangan 'tamu' baru dari negara tetangga, yaitu BlackPad, komputer tablet besutan Research In Motion (RIM).

Setelah Samsung Galaxy Tab muncul dengan OS Android, Research In Motion, produsen perangkat sekaligus layanan BlackBerry asal Kanada, siap meluncurkan BlackPad yang hadir dengan sistem operasi QNX pada ajang tahunan BlackBerry Developer Conference pekan depan di San Francisco.

Untuk diketahui, software besutan QNX selama ini digunakan di berbagai jenis aplikasi. Aplikasi itu mulai navigasi kendaraan BMW, hingga software bagi kendaraan tank roda enam tak berawak milik militer AS, yang dibuatkan oleh Carnegie Mellon University pada 2006, yakni tank Crusher.

Kabarnya, RIM juga menggandeng Quanta Computer Inc dari Taiwan untuk membuat dan merancang BlackPad. Sedangkan untuk chip-nya, produsen yang baru saja meluncurkan BlackBerry Torch di Indonesia itu menunjuk Marvell Technology Group Inc sebagai mitra.

Merujuk pada berita sebelumnya, BlackPad akan muncul dengan layar sentuh 9,7 inci, mirip dengan iPad. Harganya dipatok relatif lebih murah, namun masih di kisaran yang sama dengan milik Apple yakni mulai US$499, atau setara Rp4,4 juta per unit.

Ada konektivitas Wi-Fi, Bluetooth di dalamnya. Pengguna juga bisa menghubungi internet lewat BlackBerry mereka, tidak seperti Apple yang melarang pengguna iPad mengakses layanan data 3G lewat iPhone.

No comments: