Saturday, September 25, 2010

Wow Ada Baju Instan dalam Kaleng


Kolaborasi antara seorang desainer pakaian dengan profesor teknologi partikel menghasilkan ide spektakuler. Mannel Torres dan Paul Luckman menciptakan baju yang dikemas di dalam sebuah kaleng semprot. Tidak hanya pengemasannya yang unik tetapi juga cara memakainya dengan menyemprotkan ke tubuh partikel-partikel di dalam kaleng yang akan membentuk sebuah pakaian siap pakai.

Pakaian ini terbuat dari serat-serat kain wol, linen atau arklirik yang dicampur dengan polimer untuk menyatukannya. Proses ini memungkinkan serat cukup cair untuk disemprotkan. "Yang paling kusukai dari penemuan ini adalah aku dapat mendaur ulangnya. Aku tinggal merobek-robek pakaian ini, melarutkannya dengan cairan pelarut dan memasukannya kembali ke kaleng," kata Mannel Torres di London, Rabu (22/9).

Menurut pengakuan dari wanita yang menjadi model pada peragaan pertamanya, pakaian ini cukup nyaman dan ringan. Untuk kualitas tak perlu dikhawatirkan. Baju ini dapat dipakai kembali setelah proses pencucian manual yang dapat dilakukan di rumah.(reuters/AYB)

No comments: