Saturday, September 18, 2010

Eksekutif Daimler Diborgol di London


LONDON, KOMPAS.com - Seorang eksekutif Daimler AG Inggris ditahan pihak kepolisian setempat dengan tuduhan aksi kartel harga oleh The Office of Fair Trading (OFT), mirip Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Indonesia. Penyelidikan juga sedang dilakukan pada Volvo AB dan tiga produsen truk lainnya.

Menurut juru bicara pihak Mercedes-Benz Inggris Simon Wood, seperti dilansir Bloomberg, tokoh yang dimaksud Ian Jones, Kepala Divisi Truk Mercedes-Benz Inggris yang ditangkap awal pekan lalu. Bahkan OFT telah mengunjungi beberapa cabang MB di Tongwell Inggris untuk penyelidikan lanjutan. "Saat ini kami tak tahu apa kesalahannya. Praduga tak bersalah berlaku untuk semua orang yang terlibat, karena proses hukum tengah berjalan. Perusahaan tak bisa berkomentar lebih lanjut."

Aksi kartel ini merupakan yang terbesar sejak Mei lalu di mana terjadi kasus OFT versus perusahaan penerbangan British Airways Plc dan Virgin Atlantic Airways Ltd. Kedua eksekutifnya dicurigai melakukan aksi kolusi menaikkan harga tiket penerbangan dengan alasan tambahan bahan bakar.

No comments: