Friday, September 17, 2010

AirPrint, Solusi Cetak Dokumen untuk Gadget Bikinan Apple


Tak diragukan jika perangkat garapan Apple banyak diminati orang. Salah satunya karena fungsionalitasnya, mengingat produk Apple seperti iPad, iPhone, dan iPod Touch diklaim mampu menangani banyak tugas, yang dahulu hanya bisa dilakukan oleh perangkat komputer pribadi (PC). Misalnya cek e-mail, jelajah web, edit foto dan mempersiapkan dokumen.

Sayangnya, meski bermacam gadget kreasi Apple tersebut bisa terhubung dengan komputer untuk mentransfer file, ternyata masih ada kekurangannya. Gadget Apple tersebut tidak dilengkapi port penghubung ke printer atau drive USB. Alhasil gadget-gadget tersebut tidak dapat dipakai untuk mencetak dokumen secara langsung.

Kini, bagi pengguna perangkat garapan Apple sepertinya sudah bisa bernafas lega, tidak perlu kuatir lagi akan hal tersebut. Sebagaimana dikutip PULSA dari cellular-news pihak Apple menyatakan akan segera merilis software versi update berikutnya, untuk iPads dan gadget lain besutannya. Dan, dalam software terbaru nanti bakal mencakup fitur mencetak dokumen melalui gadget-gadget tersebut.

Fitur tersebut diberi nama AirPrint, yang merupakan solusi mencetak dokumen secara nirkabel. Nantinya, AirPrint akan ditanamkan pada software update iOS 4.2. Mengenai fitur baru ini, pihak Apple mengungkapkan bahwa nantinya gadget tersebut bakal secara otomatis mencari printer pada jaringan lokal. Hasilnya, pencetakan dokumen, baik teks, foto, maupun gambar dapat dilakukan melalui Wi-Fi. AirPrint diklaim kompatibel dengan berbagai printer, mulai dari printer inkjet sampai printer laser.

Rencananya, software update Apple tersebut akan mulai dirilis bulan November mendatang.

No comments: