Friday, September 17, 2010

Hudson Tak Khawatir Dibilang Gay


JAKARTA, KOMPAS.com -- Ajang Indonesia Mencari Bakat (IMB), yang diproduksi dan ditayangkan oleh Trans TV, kini tinggal menyisakan beberapa finalis saja. Di antara yang masih ada, sosok Hudson Prananjaya-lah yang paling mencuri perhatian. Bagaimana tidak, lelaki asal Yogyakarta ini memiliki kemampuan "ganda" yang tergolong unik.

Yap, ia bisa menyanyi dengan memerankan dua karakter sekaligus saat tampil di hadapan tim juri dan pemirsa layar kaca, yakni sebagai Hudson, mewakili dirinya sendiri, dan Jessica, karakter perempuan.

Nah, untuk menunjang penampilannya itu, ia sengaja menghadirkan konsep two faces untuk menghadirkan kedua karakternya tersebut. Butuh latihan dan konsentrasi ekstra tentunya untuk bisa bernyanyi dengan menghadirkan dua sosok itu dalam waktu bersamaan. Jika terpleset bukan tak mungkin Hudson bisa jadi bahan olok-olok dan tertawaan para penontonnya.

Sejauh ini, kemampuannya cukup teruji. Hudson kerap kali mencuri perhatian dan sanjungan dari tim juri, seperti Sarah Sechan, Rianty Cartwright, Titi Sjuman hingga Tantowi Yahya.

Mengenai konsep two faces tersebut, diakui lelaki kelahiran 27 Maret 1979, ini berasal dari idenya sendiri. "Biar unik aja," katanya ketika ditemui Kompas.com di salah satu kamar di Kapal Nusanive, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

"Tadinya Jessica itu mau saya namain Yosan, nama kecil saya. Tapi, atas usulan teman saya, akhirnya dipilih Jessica. Enggak ada filosofi khusus kok," ungkapnya mengenai nama salah satu karakter yang dihadirkannya.

Diakui oleh Hudson, cukup sulit memerankan karakter Jessica, selain harus menyanyi dengan warna vokal perempuan, ia juga harus memikirkan kostum untuk menunjung penampilannya sebagai Jessica. Berat badan yang terkadang naik turun diakui pula oleh Hudson bisa memengaruhi kostum yang telah siap pakai. Jika sudah begitu, biasanya ia dan temannya, yang selalu membantu ia membuat kostum, harus merombak pakaian tersebut pada bagian "Hudson".

"Kalau suara Jessica, susahnya kalau lagi sakit. nah biasanya saya akalin enggak saya improve, saya nyanyiin biasa aja," ungkapnya.

Terhadap adanya tanggapan publik yang menyebut ia gay, pemuda yang menyukai warna hitam dan putih ini mengaku tidak mau pusing. "Aku enggak takut orang mikir macem-macem, enggak usah dipikirin lah. Aku kan hanya seniman. Yang penting, yang aku lakukan semuanya positif dan tidak menyakiti orang lain," jelas Hudson, yang memang lebih nyaman dengan karakter "Hudson".

Hudson, yang mengidolakan Oprah Winfrey, tertawa setiap kali ia ingat kesalahan yang pernah dibuatnya saat di panggung. Saat sedang memainkan karakter Jessica ia menyanyi dengan karakter Hudson dan begitu sebaliknya. "Waktu nyanyi aku emang udah berasa aneh. Sampai akhirnya penjurian, aku pura-pura bodoh aja," akunya sambil tertawa.

No comments: