Sunday, September 19, 2010

UI Peringkat 236, UGM 321, ITB 421, dan Unair 466 Versi QS World University

Universitas Indonesia (UI) menempati urutan ke-236 (skor 42,90) dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam 300 besar universitas terbaik dunia. "Peringkat tersebut masih menempatkan UI sebagai perguruan tinggi terbaik di negeri ini," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono, di Depok, Jumat.

Ia mengatakan berdasarkan penilaian yang dikeluarkan QS World University Ranking terhadap sekitar 600 perguruan tinggi terbaik di dunia.

UI, lanjut dia, mengungguli perguruan tinggi favorit, seperti University of Hamburg, Jerman (urutan ke-242 dengan skor 42,56), Universite Paris 1, Pantheon-Sorbonne (urutan ke-229 dengan skor 43,69) Curtin University of Technology, Australia (urutan ke-274 dengan skor 39,23).

Selain itu, beberapa perguruan tinggi di Indonesia dalam pemeringkatan QS World University Ranking adalah Universitas Gadjah Mada (urutan 321 skor 35,25), Intitut Teknologi Bandung (urutan 421 skor 28,60) dan Universitas Airlangga (urutan 466 skor 22,60)

Vishnu menjelaskan, pemeringkatan QS Top University memiliki kriteria penilaian, di antaranya pencantuman lembaga (institution inclusion), reputasi akademik (academic reputation) dan reputasi pimpinan (employer reputation). "Selain itu, `international faculty or students`, `data indicator`, `strandardization`, `weightings and aggregation` serta citations per faculty`," tambahnya.

Peringkat 95 Dunia

Sementara itu, berdasarkan ranking per subject, pada bidang ilmu sosial, UI menduduki peringkat 95 di dunia sebagai universitas terbaik.

"Merupakan suatu kebanggaan, UI masuk dalam 100 besar universitas terbaik di dunia untuk bidang ilmu sosial serta salah satu yang terdepan di Asia Tenggara," kata Rektor UI Prof. Gumilar Rusliwa Somantri.

Sementara, untuk bidang ilmu kesehatan dan biomedik (peringkat 141), bidang Seni dan Humaniora (peringkat 172), bidang teknik dan teknologi informasi (peringkat 203), dan bidang ilmu pengetahuan alam (peringkat 280).

Lebih lanjut, ia mengatakan, berdasarkan penilaian QS World University Ranking ini, UI berhasil mempertahankan prestasinya dengan menduduki urutan ke-6 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara dan peringkat ke-40 di Asia.

Dikatakannya, pada tahun 2010, beberapa prestasi membanggakan di tingkat internasional yang diraih mahasiswa UI, antara lain adalah mahasiswa Departemen Teknik Mesin FTUI Juara 1 dan 2 untuk kategori Uji Emisi tipe Urban Non Award dan berhasil menjadi Runner-up 1 dan 2 untuk kategori Urban Concept serta Top 5 Finalis Best Design Award pada Kompetisi Shell-Eco Marathon Asia 2010.

Selain itu, Natalia Rialucky, mahasiswi FISIP UI dikukuhkan sebagai Best Delegate dalam Delegate Position Paper Global Model United Nation, dan Carolina R. Siahaan mahasiswi FISIP UI meraih Juara 1 dalam Honorable Mention Award Asia Pasifik Model Nations di Australia.

Sebagai salah satu universitas berskala internasional, UI memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya. Salah satunya dengan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan berstandar internasional, seperti perpustakaan UI yang saat ini sedang dalam proses penyelesaian dan direncanakan diresmikan pada awal tahun 2012.

Selain itu, UI juga sedang membangun Gedung Vokasi UI, yaitu tempat berkuliah yang terintegrasi mahasiswa vokasi/diploma UI dan pembangunan Gedung Art Center sebagai pusat kegiatan kesenian mahasiswa UI. Diharapkan melalui berbagai pencapaian yang diraih UI dalam forum internasional dapat meningkatkan kesadaran para akademisi Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

No comments: