Saturday, September 25, 2010

Hyundai, Suzuki dan Daihatsu Rencana Investasi di RI


INILAH.COM, Jakarta - Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan ada 3 investor produsen mobil Asia akan berinvestasi di Indonesia yaitu Hyundai, Suzuki dan Daihatsu.

"Suzuki berunding hingga akhir Desember, karena deadline Desember. Daihatsu mau kasih konsep, tapi mereka sedang mendesain whole concept untuk kasih ke saya," tutur Hidayat.

Saat ini, Kementerian Perindustrian bersama Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan ke Korea untuk melakukan finalisasi. Hal yang dibicarakan terkait janji investor yang akan menjadikan Indonesia basis industri otomotif. "Kita harus lebih agresif dari Thailand. Finalisasi juga untuk mengetahui keinginan LG investasi di bidang elektronik," tambah Hidayat.

Selain itu, Suzuki telah menjanjikan akan membangun industrinya di Indonesia dengan tenaga teknisi dan komponen pendukung seluruhnya lokal. Suzuki siap menginvestasikan dana sebesar Rp4,2 triliun untuk mengembangkan kapasitas produksi mobilnya hingga 170 ribu per tahun. "Suzuki akan tingkatkan kapasitas menjadi dua kali lipat dari yang sekarang sekitar 200 ribu unit," tambah Hidayat.

Sementara itu, Hidayat menuturkan Daihatsu akan lebih memberikan konsep dengan investasi ratusan dolar AS. [cms]

No comments: