Thursday, September 16, 2010

Amblesnya Jalan RE Martadinata Akibat Erosi




Jakarta, (tvOne)

Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan, amblesnya Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara disebabkan erosi di lapisan tanah di bawah jalan tersebut.

"Penyebabnya ada gerusan dari air yg ada di bawah (jalan tersebut) dan di sekitarnya juga ada tanah yang dikeruk. Jadi kombinasi air menggerogoti bagian bawah jalan," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, di Jakarta, Kamis (16/9).

Hermanto menilai, perbaikan Jalan RE Martadinata dilakukan sebelumnya tanpa memperhatikan kondisi tanah di bawah jalan tersebut.

"Selama ini penanganannya hanya pelapisan atas, dan Jalan RE Martadinata baru saja dilakukan pelapisan atas. Konstruksi bawahnya itu beton tapi daya dukungnya berkurang karena air yg menggerogoti," katanya.

Jalan utama di Jakarta Utara tersebut ambles karena berbagai faktor antara lain usia jalan yang sudah lebih dari 10 tahun, curah hujan yang tinggi dan jalan tersebut yang sering tergenang air.

"Kombinasi air yang menggerogoti bagian bahwa jalan sehingga jalan itu turun ke bawah ke arah Sungai Ancol," katanya.

Untuk saat ini, Kementerian PU segera memasang tiang pancang untuk memperkuat ruas jalan yang amblas tersebut. Hermanto menambahkan, pemasangan tiang pancang tersebut bersifat sementara karena pembangunan kembali ruas jalan yang amblas tersebut akan dilakukan tahun depan.

Sebelumnya, Direktur Wilayah 2 PT Binamarga Winarno yang ditemui di lokasi mengatakan, penyebab ambrolnya jalan akibat terjadi penurunan tanah.

"Tanah yang dilakukan peninggian jalan 60 cm dengan dibeton setebal 30 cm. Sebelumnya telah dilakukan pengerukan kali Jabat agar tempat lalu lintas kapal laut yang akan sandar dapat masuk," katanya. (Ant)

No comments: