Sunday, September 19, 2010

Bantu Kartel Narkoba, Beo Ditangkap


Seekor burung beo Kolombia ditangkap polisi setelah disita dalam suatu penggerebekan terhadap kartel narkoba.

Menurut para pejabat lingkungan Kolombia, Lorenzo, nama beo itu, berusaha memberi pentunjuk kepada sebuah kartel lokal ketika para petugas melakukan penyamaran dalam penggerebekan pada Rabu (15/9) pagi. "Burung beo itu mengirimkan peringatan," kata petugas polisi Hollman Oliveira. "Bisa dibilang burung itu semacam burung pemantau."

Pihak berwenang menyatakan, Lorenzo merupakan salah satu dari hampir 1.700 burung beo yang disita oleh aparat setelah dilatih oleh pengedar narkoba untuk bertindak sebagai pengintai.

Lorenzo kemudian diperlihatkan kepada wartawan. Makhluk terlatih itu bahkan memamerkan kemampuan dengan berteriak, "Lari, lari, Anda akan tertangkap."

Kolonel Polisi Freddy Veloza kepada televisi RCN mengatakan, "Burung itu menghabiskan sepanjang pagi dengan mengocehkan hal itu."

Meski ada upaya Lorenzo, petugas masih dapat merebut lebih dari dua ratus senjata, sepeda motor yang dicuri dan sejumlah besar mariyuana. Setidaknya empat pria dan dua burung lainnya juga ditangkap dalam penggerebekan itu.

No comments: