Friday, September 17, 2010

Riedl Alergi Permainan Keras Ala Timnas

Pelatih Tim Nasional (Timnas) senior, Alfred Riedl sedang berusaha untuk membenahi kontrol emosi para pemainnya. Riedl bahkan melarang pemain-pemainnya bermain keras saat latihan maupun uji coba.

Riedl pernah mengeluh dengan permainan keras Pro Titan FC yang menjadi lawan uji coba timnas beberapa waktu lalu, Pelatih asal Austria itu mengaku merinding melihat permainan pemain-pemain lawan yang menjurus kasar.

Tak hanya itu saja, Riedl ternyata juga kesal terhadap pemain-pemainnya yang mendapat kartu kuning. Usai laga, mantan pelatih timnas Vietnam itu bahkan memberi peringatan keras kepada pemain-pemain tersebut.

"Pelatih memang sedang berusaha membenahi kontrol emosi para pemain. Karena itu, kami akan kena marah kalau dalam sebuah uji coba sampai dapat kartu kuning apalagi merah," kata gelandang timnas Firman Utina, saat dihubungi VIVAnews, Kamis, 16 September 2010.

Menurut Firman, emosi yang labil telah menjadi salah satu kelemahan timnas selama ini. Tak jarang, permainan timnas Merah Putih kacau hanya karena tak bisa mengontrol emosinya saat diprovokasi pemain lawan.

"Bukannya mau membanggakan diri, tapi dari segi strategi dan teknik timnas sebenarnya tidak kalah dengan negara-negara lain. Namun kelemahan kami selama ini justru ada pada kontrol emosi," kata Firman.

"Inilah yang sedang dibenahi oleh pelatih (Alfred Riedl). Saat latihan, kami bahkan dilarang untuk melakukan sliding agar tidak terbiasa bermain kasar saat di lapangan," beber pemain Sriwijaya FC tersebut.

PSSI saat ini sedang mempersiapkan timnas untuk tampil di Piala AFF 2010. Pada even dua tahunan ini, Indonesia tergabung di Grup A bersama dua tim tangguh, Malaysia dan Thailand serta satu wakil dari babak kualifikasi.

Pemusatan latihan tahap pertama timnas telah digelar di Jakarta sejak 1 Agustus hingga 7 September 2010. Setelah dikembalikan ke klubnya masing-masing, pemain akan dipanggil lagi mulai 3 Oktober mendatang.

No comments: