Thursday, September 16, 2010

Paus Punya Mobil Baru Seharga Rp1 M


London-Paus Benediktus XVI kini memiliki mobil baru sebagai mobil dinas yang akan digunakan jika sedang berkunjung ke Inggris.

Mobil Paus, yang biasa disebut media massa Popemobile ini, diperkenalkan ke media massa, Selasa (14/9), di London. Mobil Mercedes Benz M-Class yang sudah dimodifikasi ini dilengkapi dengan kaca anti peluru setebal dua inci dan tabung oksigen untuk keadaan darurat.

Popemobile mengusung mesin 5.0L V8 yang mampu mencapai kecepatan maksimum 257 km per jam.

Popemobile berwarna putih ini didesain khusus oleh Mercedes Benz untuk memastikan keselamatan Paus, saat konvoi menemui umat Katolik di Inggris.

Popemobile adalah nama mobil untuk Paus, pemimpin umat Katolik tertinggi di dunia. Istilah ini menjadi terkenal sejak Paus Yohanes Paulus II menggunakan truk yang dimodifikasi saat berkunjung ke Polandia pada 1979.

Seiring meluasnya pemberitaan di media massa, pada 2002 lalu Paus Yohanes Paulus II sempat meminta seluruh media massa untuk berhenti menggunakan nama Popemobile sebagai kata-kata yang 'tidak pantas'.

Popemobile kemudian menjadi tranportasi khusus untuk Paus ketika berkunjung ke negara-negara di luar Vatikan.

Popemobile yang selalu menggunakan plat mobil Stato della Città del Vaticano 1 atau SCV 1 ini diperkirakan bernilai 75 ribu poundsterling atau Rp1 miliar. [ast]

No comments: