Thursday, September 16, 2010

Setiap Peluang Harus Diperjuangkan!


Pembagian grup AFF Suzuki Cup 2010 telah dilangsungkan Rabu (15/9) sore di Sheraton Hotel, Hanoi, Vietnam. Timnas Indonesia bergabung di grup A bersama Thailand, Malaysia dan tim pemenang dari babak kualifikasi yang dilangsungkan medio Oktober di Laos, yang terdiri dari tuan rumah Laos, Kamboja, Timor Leste dan Filipina. Grup B terdiri atas Vietnam, Singapura, Myanmar dan runner-up dari babak kualifikasi di Laos.

Hasil undian penempatan enam tim yang langsung lolos ke babak utama AFF Championship 2010 ini sebenarnya tidaklah terlalu mengejutkan. Dengan sangat "minimalisnya" jumlah peserta, dalam hal ini hanya enam yang masuk dalam kategori tim-tim yang patut diperhitungkan, maka secara kuantitatif akan lebih mudah untuk mengetahui kalkulasi hasil pembagian grupnya. Dengan demikian, ditempatkannya Indonesia bersama Thailand dan Malaysia sesungguhnya tak luput dari perkiraan.

"Kalau kita cermati, hasil undian sekarang ini sama persis dengan undian penyisihan grup beberapa AFF Championship sebelumnya," jelas Sekjen PSSI Nugraha Besoes yang bersama Ketua Panpel AFF Championship Indonesia Joko Driyono dan asisten pelartih timnas Wolfgang Pikal menghadiri acara pembagian grup AFF Championship 2010 ini.

Menanggapi hasil undian pembagian grup ini, manajer timnas Indonesia Andi Darussalam Tabusalla mengatakan, keenam tim yang langsung bertarung di babak utama ini memiliki peluang yang sama untuk lolos ke semifinal.

"Yang terpenting, bagaimana timnas kita mempersiapkan diri secara maksimal," tegas Andi Darussalam Tabusalla, Rabu sore.

Nugraha Besoes juga tidak sependapat jika timnas Indonesia disebut-sebut butuh keajaiban untuk lolos dari penyisihan grupnya.

"Saya tidak sependapat kalau dikatakan seperti itu. Tidak ada yang namanya keajaiban di sepakbola. Semua tim punya kans yang sama, tergantung pada persiapan dan penampilanya di lapangan," sebut Nugraha Baeoes.

Menyinggung lebih jauh tentang pembagian grup itu, Nugraha Besoes menyebutkan, tinnas Indonesia memang tak bisa terhindari dari pertemuan dengan Thailand dan Malaysia karena ketentuan slot-nya demikian. Menurut Nugraha Besoes, slot untuk grup A ini adalah 2-4-4, yakini unggulan kedua, serta dua unggulan empat.

"Unggula n kedua adalah Thailand, sedangkan Indonesia dan Malsysia sama-sama menjadi unggulan empat," jelas Nugraha Besoes.

Slot untuk penyisihan grup B adalah 1-3-5, artinya, satu untuk Vietnam sebagai unggulan -pertama, didampingi Singapura dan Myanmar sebagai unggulan tiga dan lima.

Berbicara tentang ditempatkannya Malaysia di penyisihan grup A, dan dikaitkan dengan sentimen anti-Malaysia yang merebak kembali sekarang ini, Sekjen PSSI menyebytkan bahwa tidak pada tempatnya sentimen tersebut dimunculkan dalam aspek olahraga.

"Saya berharap tidak ada rasa permusuhan atau sentimen anti-Malaysia saat AFF Championship itu nanti. Olahraga adalah olahraga. Akan lebih membanggakan dan terhormat bila masyarakat atay pecinta sepakbola nasional memberikan dukungannya yang luar biasa secara sportif pada timnas kita," imbau Nugraha Besoes.

Sekjen PSSI juga yakin, pemerintah pun akan memberikan dukungannya yang luar biasa pada perjuangan timnas Indonesia, mengingat adanya kepedulian dan perhatian tingggi dari pemerintah terhadap pembabunan sepakbola nasional.

"Ini sekaligus menjadi momen yang baik bagi timnas Indonesia untuk mengembalikan kepercayaan dan kecintaan masyarakatI Indonesia," tegas Nugrahas Besoes.(adi)

No comments: