Thursday, September 16, 2010

Hasil Drawing AFF Suzuki Cup 2010


Timnas Indonesia bergabung dengan Thailand dan Malaysia pada babak penyisihan grup A AFF Suzuki Cupv 2010, yang diselenggarakan Desember mendatang di Jakarta dan Hanoi, Vietnam. Tiga tim tangguh Asia Tenggara lainnnya berada di penyisihan grup B, yakni Vietnam, Singapura dan Myanmar.

Ini adalah hasil undian pembagian grup AFF Championship 2010 yang dilangsungkan Rabu (15/9) sore di Hotel Sheraton, Hanoi, Vietnam. Acara undian pembagiann grup dari pesta sepakbola dua tahunan Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) ini turut disaksikan langsung oleh Sekjen PSSI Nugraha Besoes, Ketua Panpel AFF Championship untuk Indonesia, Joko Driyono, serta asisten pelatih timnas Indonesia, Wolfgang Pikal.

Akan turut bergabung di penyisihan grup A tim pemenang atau juara dari babak kualifikasi yang digelar lebih dulu di Laos pada 16-24 Oktober 2010. Peringkat kedua dari hasil kualifikasi Laos akan bergabung di penyisihan grup B. Ada empat negara yang bertarung di babak kualifikasi ini, yakni Laos, Kamboja, Timor Leste dan Filipina.

Menyikapi hasil undian ini, Nugraha Besoes menyatakan," Akan sangat menegangkan." Ketua Panpel AFF Championship untuk Indonesia Joko Driyono menyebutkan, grouping penyisihan grup A sangat "menjual". Sementara, Wolfgang Pikal menegaskan, bagaimana pun enam tim yang langsung lolos ke penyisihan grup memiliki peluang yang sama besar untuk lolos ke babak berikutnya. "Penyisihan kedua grup ini sama-sama menjanjikan pertandingan yang menarik," begitu antara lain dikemukakan Pikal.

Nugraha Besoes kurang sependapat jika disebutkan bahwa penyisihan grup A adalah "grup maut", dan timnas Indonesia harus berjuang keras untuk mampu meloloskan diri dari sudden-death group itu.

"Saya kira dua grup itu sama-sama berimbanglah, tidak bisa dikatakan kalau timnas kita berada di penyisihan grup yang lebih keras atau maut. Yang jelas memang tidak bisa dipungkiri kalau timnas kita harus berjuang keras untuk lolos," tegas Nugraha Besoes.

Pertandingan penyisihan grup A dari AFFF Championship nini akan dilaksanakan pada tanggal 1, 4 dan 7 Desember di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. Sermentara, penyisihan grup B digelar 2, 5, dan 8 Desember di Hanoi, Vietnam.

Dua tim peringkat teratas dari kedua grup bertarung di babak semifinal yang dilangsungkan secara kandang dan kandang (home & away), sepekan setelah penyisihan grup. Babak final juga dilangsungkan dengan format yang sama,home & away.(adi)

No comments: