Thursday, September 16, 2010

Kanker Kulit dapat Disembuhkan


California: Penelitian yang dilakukan di California, Amerika Serikat menunjukkan titik terang bagi para penderita kanker kulit. Hasil penelitian mampu menciptakan obat yang dapat menghambat dan memblokir efek dari mutasi gen, B-RAF, yang dapat menyebabkan kanker kulit ganas atau melanoma.

Kanker yang disebabkan gen yang bermutasi, protein pun menjadi terlalu aktif sehingga memicu pertumbuhan sel kanker. Ketika BRAF yang bermutasi diberi obat bernama PLX4032, proses mutasi pun terhambat dan ukuran tumor menyusut. Hasil penelitian menunjukkan 30 persen dari total 32 pasien massa tumornya mengecil, bahkan dua diantaranya sembuh total.

Peneliti sampai saat ini belum bisa memastikan obat ini dapat menjadi solusi untuk masalah kanker melanoma, sebelum mempertimbangkan kembali efek sampingnya. "Kami semakin dekat dengan tujuan kami, mengetahui penyebab utama penyakit mematikan ini," kata Profesor Mark Stratton, Direktur Lembaga Penelitian Wellcome Trust Sanger di California, Rabu (15/9).

Melanoma adalah sejenis kanker berbahaya yang bersifat agresif dan menyebar dengan cepat. Kanker ini timbul di sel-sel yang memproduksi pigmen melanin, yaitu pemberi warna pada kulit. Melanoma diketahui lebih mematikan jika muncul di area kulit kepala atau leher.(Telegraph/AYB)

No comments: