Saturday, September 4, 2010

Jumat, 03/09/2010 13:29 WIB Pintu Masuk Plaza Semanggi di Jalan Gatot Subroto Bakal Ditutup

Jakarta - Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI berencana menutup pintu masuk Plaza Semanggi yang terletak di sisi Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Sebab, sering terjadi kemacetan di sekitar mal tersebut.

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Kombes Condro Kirono, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI terkait hal itu.

"Dan kita sudah mengirimkan surat ke pengelola Plaza Semanggi untuk menutup pintu masuk di Jalan Gatot Subroto," kata Condro saat dihubungi wartawan, Jumat (3/9/2010).

Ia mengatakan, surat itu sudah dikirim pekan lalu. Namun, kata dia, pengelola Plaza Semanggi belum memberikan tanggapan.

"Belum dapat balasan," katanya.

Condro belum bisa memastikan kapan pintu masuk mal tersebut akan ditutup. Pihaknya masih menunggu kesiapan Dinas Perhubungan dalam menyediakan peralatannya.

"Kita tergantung Dishub. Kan yang punya separatornya Dishub. Besok pun kalau ada, kita siap," ujarnya.

Rencananya, pintu masuk mal tersebut akan ditutup menggunakan separator block setinggi 1 meter. "Kalau pakai traffic cone nanti kelindas-lindas," ungkapnya.

Lebih jauh Condro mengungkapkan, selama ini petugas harus berjaga di lokasi untuk mengatur arus lalulintas yang saling crossing. Dengan ditutupnya pintu masuk mal tersebut, diharapkan laju kendaraan di sisi Jalan Gatot Subroto menjadi lancar.

Polisi dan instansi terkait sendiri mengeluarkan kebijakan tersebut karena mengingat banyak pertemuan arus lalu lintas di sekitar plaza.

"Di situ kan bertemu kendaraan yang dari Slipi mau masuk mal, harus menyalip ke kiri. Di sisi lain, kendaraan dari arah Jalan Sudirman, mau lurus jadi terhambat kendaraan yang mau masuk ke mal tadi," paparnya.

Bagi kendaraan yang dari arah Slipi yang hendak ke mal tersebut, dapat mengakses ke kawasan Bendungan Hilir, lalu memutar di Dukuh Atas.

Selain Plaza Semanggi, mal lain yang akan ditutup pintu masuknya yakni Pejaten Village, Buncit, Jakarta Selatan. "Masyarakat banyak melaporkan di situ sering macet, nanti kita survey," ujarnya.

Polda juga meminta agar gedung BRI yang terletak di seberang Plaza Semanggi untuk merenovasi pintu pengecekan kendaraan. "Kalau bisa, ngeceknya lebih di dalam lagi, jangan pas pinggir jalan sehingga tidak memacetkan," tutupnya.

No comments: