Sunday, September 5, 2010

Beras Hitam Ampuh Menangkal Kanker


BERAS hitam lebih populer di China ketimbang di negara-negara Barat. Menurut peneliti beras itu sangat berkhasiat bagi kesehatan, satu di antaranya ampuh menangkal penyakit kanker.

Bahan makanan pokok ini mengandung sedikit gula. Namun, kadar seratnya tinggi. Sari tumbuhan alaminya mampu melawan penyakit jantung dan kanker.

Beberapa abad silam, beras hitam hanya dikonsumsi kaum kerajaan. Lantaran itu, bahan makanan ini disebut beras larangan atau forbidden rice. Kini, beras hitam biasanya digunakan sebagai dekorasi makanan dan sebagai bahan tambahan pada mi, sushi, dan hidangan penutup.

Ahli makanan Dr Zhimin Xu mengatakan, "Satu sendok makan beras hitam mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan anthocyanin seperti pada bluberi, tapi tidak mengandung banyak gula, lebih banyak serat, dan antioksidan vitamin E".

Manfaat beras hitam lebih kaya ketimbang buah beri. Meski kaya antioksidan, beras hitam terbilang unik dan lebih ekonomis. Para peneliti mengatakan tanaman yang mengandung antioksidan akan menghancurkan molekul berbahaya, melindungi arteri, dan mencegah kerusakan DNA yang dapat mengakibatkan kanker.

Sementara itu, anthocyanin merupakan zat yang memberikan warna gelap pada beberapa buah dan sayuran, seperti bluberi dan paprika merah. Zat itu pula yang membuat beras menjadi hitam. Adapun sekamnya dapat diolah menjadi sereal sebagai sarapan, minuman, kue, biskuit dan lain-lain.(MI/***)

No comments: