Wednesday, September 8, 2010

ATURAN 3 IN 1 TIDAK DIBERLAKUKAN SELAMA LIBUR LEBARAN

Jakarta, 8/9/2010 (Kominfo-Newsroom) Seiring datangnya libur cutibersama lebaran 2010 sejak 9 hingga 13 September 2010, Kepolisianmenyatakan aturan 3 in 1 di Jakarta tidak diberlakukan selama harilibur tersebut.

Direktur Lalu-lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Condro Kironomengatakan, tidak diberlakukannya aturan 3 in 1 itu adalah hasilkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Direktorat Lalu LintasPolda Metro Jaya.

Hasil koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Direktorat LaluLintas Polda Metro Jaya, sistem 3 in 1 tidak diberlakukan selamaliburan. Mobil yang berpenumpang kurang dari tiga orang, padatanggal 9-13 September 2010 tidak perlu khawatir kena tilang jikahendak melintas di kawasan 3 in 1, kata Condro di Jakarta, Rabu(8/9).

Aturan 3 in 1 yang biasanya diberlakukan mulai dari perempatanKuningan, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Jenderal Sudirman diJakarta Selatan, serta Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk diJakarta Pusat, dipastikan kembali normal (diberlakukan) setelahmasa cuti bersama Idul Fitri selesai yakni pada Selasa 14September.

Sementara itu pada H-2 menjelang Hari Raya Idul Fitri ini,jalanan di Jakarta relatif lancar. Kemacetan hanya terjadi dibeberapa titik namun tidak terlalu parah.

Misalnya, kondisi arus lalu lintas di seputaran Mampangterpantau sangat lancar di kedua arah. Kendaraan dapat melenggangbebas tanpa kendala yang berarti. Situasi serupa juga terlihat dikawasan Matraman dan Boulevard Utara Kelapa Gading. arus kendaraanlancar di kedua arah.

Sedangkan situasi arus lalu lintas fly-over Tendean arah menujuperempatan Kuningan dan Gatot Subroto terpantau padat merayap, dansebaliknya menuju perempatan Pancoran. Sementara ruas jalan TolJakarta menuju arah Cikampek terpantau ramai cenderung padat dandiguyur hujan mendekati gerbang tol Cikampek, arah sebaliknyaterlihat ramai lancar.

Sepanjang Jl Fatmawati hingga Jl Sudirman, kondisi lalu lintascukup lancar. Tidak ada antrean kendaraan di lokasi rawan macetseperti perempatan Blok M hingga kawasan Senayan. Hal yang samaterjadi di arah sebaliknya.

Jalan layang Slipi ke arah Jl Brigjen Katamso juga sangatlancar, begitu pun arah sebaliknya, termasuk Jalan Daan Mogot,Jakarta Barat yang terkenal sebagai jalur terpadat, pad hari inijuga sangat lanacar terutama dari arah Tangerang menuju Grogol(Jakarta), hanya saja untuk arah sebaliknya. Arus lalu-lintassempat terjadi kemacetan akibat adanya kecelakaan beruntun didaerah Sumur Bor.

No comments: