Monday, September 6, 2010

Ketua DPR Harap Malaysia Beritikad Selesaikan Masalah Perbatasan


Jakarta - Hari ini Menteri Luar Negeri Indonesia dan Malaysia berunding tentang perbatasan kedua negara di Kinabalu. Ketua DPR Marzuki Alie berharap agar Malaysia punya kemauan kuat untuk menyelesaikan masalah perbatasan ini.

"Malaysia harus punya kemauan yang kuat untuk menyelesaikan masalah (perbatasan) dengan Indonesia," kata Marzuki di Gedung DPR, Jl Gatot Subroto, Senayan Jakarta, Senin (6/8/2010).

Marzuki tidak dapat memprediksi kira-kira apa kesimpulan yang akan dihasilkan dalam perundingan itu. Yang jelas dia berharap ada penyelesaian terkait perbatasan kedua negera bertetangga ini.

"Kita tunggu saja (hasilnya)," tegas politisi senior Partai Demokrat ini.

Penyelesaian masalah perbatasan ini, lanjut Marzuki sebaiknya biar berjalan dulu antara pemerintah kedua negara tersebut. Namun jika nantinya sampai dibutuhkan tim investigasi untuk menyelidiki masalah ini, menurutnya itu bergantung pada kesepakatan antara negara-negara yang tergabung ASEAN.

"Itu tergantung pada kesepakatan sebenarnya (perlu tidaknya tim investigasi), karena ini bisa dibicarakan oleh sesama negara Asean. Misalnya di Asean Charter," tutupnya.

Pertemuan di Kinabalu hari ini merupakan pertemuan rutin tahunan. Namun acara ini dipercepat dari jadwal bulan November menjadi hari ini menyusul insiden penangkapan di perairan Pulau Bintan pada 13 Agustus 2010 yang memanaskan hubungan kedua negara.

(lia/fay)

No comments: