Tuesday, September 7, 2010

Google Siap Luncurkan Layanan Musik Digital


Liputan6.com, Jakarta: Google dikabarkan tengah menyiapkan peluncuran situs penjualan musik secara online. Goole siap menyaingi iTunes yang sukses dalam bisnis penjualan musik online.

Apple diperkirakan sudah menguasai situs jejaring sosial Twitter dan Facebook. Baru-baru ini Apple juga meluncurkan situs jejaring sosial berbasis musik Ping pada konferensi pers yang diselenggarakan awal pekan ini. Tetapi seperti yang dilansir Reuters, Google akan meluncurkan situs layanan musiknya pada akhir tahun ini.

Google juga menyiapkan music download store dan
layanan song locker yang dapat diakses dengan perpustakaan musiknya dimana saja melalui internet.

Google sampai saat ini belum mendapatkan kesepakatan dengan label musik besar, tetapi industri musik dilaporkan membutuhkan hal yang baru seperti dalam pasar musik. Meskipun iTunes berhak mendapatkan terima kasih atas kontribusinya dalam kenaikan penjualan musik digital, namun pihak label rekaman telah lama meratapi sistem monopoli pasar Apple iTunes yang menetapkan harga untuk lagu.

Sedangkan pesaing Apple terdekat, Amazon MP3 Store hanya memiliki saham 12 persen dari pasar. "Akhirnya inilah suatu perusahaan dengan jangkauan, sumber daya, dan kemampuan untuk mengambil di iTunes sebagai pesaing tangguh dengan mengikatnya ke dalam bisnis mesin pencarian dan platform Android mobile," ucap Eksekutif Label rekaman kepada Reuters.

"Apa yang akan Anda miliki adalah pemain yang sangat kuat di pasar dan ini bagus untuk bisnis musik."

Rencana Google ini datang hanya beberapa hari setelah Sony mengumumkan layanan musik digital mereka sendiri, yang disebut Musik Unlimited. (RollingStone/JAY/MEL)

No comments: