Friday, September 10, 2010

Ratusan Muslim Singapura Rayakan Lebaran di Batam

Batam, (tvOne).

Ratusan muslim Singapura merayakan Lebaran di Batam dengan berbagai kegiatan, Jumat, (10/9).

Kebanyakan warga Singapura ziarah makam ke Sei Panas, Sei Temiang dan Nong Isa. Ada pula yang silaturahim mengunjungi kerabat di Batam dan sebagian lainnya memenuhi pusat perbelanjaan.

"Kami datang ke Batam untuk ziarah makam leluhur kami di Sei Panas," kata Liza Rahman, warga Singapura.

Liza Rahman mengatakan memiliki almarhum kakek, warga negara Indonesia yang dimakamkan di Sei Panas. Setiap Lebaran, dia dan keluarganya mengunjungi untuk membersihkan makam.

"Sesama Melayu, kami punya banyak keluarga di Batam. Ada yang sudah meninggal, ada pula yang masih hidup di Pulau Belakang Padang," kata dia.

Sama dengan Liza, warga Singapura lain Ahmad mengatakan merayakan Lebaran di Batam untuk mengunjungi makam ayahnya di Sei Temiang. "Ayah saya orang Singapura, namun meninggal dan dimakamkan di Batam, maka saya ke sini untuk melihat makamnya," kata dia.

Ahmad mengatakan ayahnya memilih untuk mengakhiri masa tuanya di Batam, dengan menikahi warga Indonesia, hingga akhirnya meninggal dunia.

Sementara itu, warga Singapura lainnya , Siti Zainab mengatakan ke Batam untuk mengunjungi kerabatnya. "Oom dan tante saya orang Indonesia, saya datang ke sini untuk merayakan Hari Raya bersama," kata dia.

Menurut Zainab, lebih khidmat dan mengasyikkan merayakan Hari Raya di Batam. Zainab mengaku tidak setiap tahun merayakan Hari Raya di Batam, namun selalu menikmati waktu berlebaran di Indonesia.

Sementara itu, berdasarkan pantauan, pusat perbelanjaan Batam dipadati warga Singapura, baik muslim maupun non muslim. "Biasa, setiap akhir pekan kami ke Batam. Tidak ada yang istimewa," kata warga Singapura Stephen. (Ant)

No comments: