Thursday, September 9, 2010

Idul Fitri Besok, Kemungkinan Besar Hujan

Liputan6.com, Jakarta: Umat muslim yang sedianya besok bakal menjalankan Salat Ied, boleh jadi harus mempertimbangkan lokasi bersembahyang di masjid ketimbang di tanah lapang. Sebab menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, diperkirakan pada Jumat (10/9) atau Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriah besok, sejumlah wilayah di Tanah Air bakal diguyur hujan ringan.

Kendati tak dirinci kemungkinan jatuhnya hujan pada pagi hari, BMKG memperkirakan hujan ringan akan merata hadir di sebagian provinsi dan kota di Indonesia. Di Pulau Jawa, hujan ringan bakal terjadi di Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Suhu di wilayah ini dan sekitarnya berada di kisaran 24 hingga 32 derajat Celsius.

Di wilayah Sumatra, misalnya. Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Batam, Padang, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, Bengkulu, hingga Bandar Lampung diyakini bakal diguyur hujan ringan. Suhu minimum mencapai 22 hingga maksimum 33 derajat Celsius.

Sebagian wilayah Kalimantan pun demikian. Hujan ringan diduga akan turun di Kota Pontianak, Samarinda, Palangkaraya, dan Kota Banjarmasin. Kawasan Sulawesi yang diyakini terguyur hujan meliputi areal Manado, Gorontalo, Palu, Kendari, Makassar, dan Majene. Suhu di sejumlah wilayah tersebut bakal berkisar di antara 23 hingga 33 derajat Celsius.

Di kawasan timur dan tengah pun nyaris senada. Tanah di Ternate, Ambon, Jayapura, Sorong, Biak, Manokwari, Sumbawa Besar, Kupang, dan Denpasar akan menerima siraman hujan ringan. Hanya cuaca wilayah Merauke dan Mataram yang diyakini berawan. Suhu diperkirakan di antara 24 hingga 33 derajat Celsius.(EPN)

No comments: