Monday, September 13, 2010

Happy Ending Rio Haryanto


Monza - Happy ending yang diharapkan Rio Haryanto akhirnya terwujud. Meski gagal finish di race kedua di Monza namun hasil musim pertamanya di GP3 ini lebih yang diharapkan oleh pembalap muda Indonesia ini.

Sebelum bertarung di GP3, Rio hanya menargetkan masuk 15 besar di musim pertamanya tersebut. Namun pembalap berusia 17 tahun ini mampu memberikan penampilan yang lebih bersama timnya, Manor Racing.

Ia berhasil menang saat race kedua di GP3 Turki dan juga kembali naik podium ketiga di race pertama di GP3 Italia kemarin. Meski di race kedua dia gagal finis namun Rio berhasil memastikan berada di posisi kelima klasemen.

Posisi tersebut tentu saja lebih dari yang ditargetkan di awal musim. Namun hasil yang luar biasa adalah Rio mendapatkan kesempatan menjajal mobil tim F1 Virgin yang merupakan induk tim yang menaungi Manor Racing,

“Secara umum saya puas dengan musim pertama GP3, dan bahkan bagi saya musim pertama berlaga di Eropa. Saya menjadi pembalap terbaik Manor Racing dan berhak mendapatkan tes F1,” kata Rio dalam rilis yang diterima detiksport, Minggu (12/9/2010).

“Saya tampil dengan baik di Turki, di mana saya memenangi Race 2, dan juga mendapatkan podium di Valencia di mana mendapatkan poin di kedua race, Silverstone di mana saya naik podium lagi, dan terakhir di Monza,” ungkapnya .

Namun, perjalanan Rio sepanjang musim ini harus dijalani cukup berat dan terakhir gagal finis di race kedua di Monza. Mobil Rio disenggol oleh Miki Monras menjelang chicane (tikungan S) di tikungan 1 sehingga ban mobilnya kempes dan tak bisa maksimal berlomba.

“Beberapa race buruk yang saya lalui saya anggap sebagai pelajaran karena toh ini tahun pertama saya di Eropa,” ujarnya.

Klasemen Akhir Pembalap GP3 2010

1. Esteban Gutierrez 88
2. Robert Wickens 71
3. Nico Mueller 53
4. Alexander Rossi 38
5. Rio Haryanto 27

Klasemen Akhir Tim GP3 2010

1. ART Grand Prix 130
2. Status Grand Prix 86
3. Jenzer Motorsport 67
4. Manor Racing 64
5. Carlin 42

( key / roz )

No comments: