Monday, September 13, 2010

PT KAI LUNCURKAN KERETA RAMAH LINGKUNGAN

Jakarta, 12/9/2010 (Kominfo-Newsroom) Guna memperbaiki mutupelayanan, PT KAI luncurkan kereta baru dengan fasilitas WC/Toiletyang ramah lingkungan.

PT KA selalu berusaha memperbaiki mutu pelayanan tidak hanyakepada penumpang tetapi juga kepada lingkungan sesuai dengan misikereta api yakni untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagikelestarian lingkungan, ujar Humas Kepala Humas PT KAI DaerahOperasi I, Mateta Rijalulhaq kepada wartawan di Stasiun Gambir,Jakarta (12/9).

Menurutnya, kereta api ramah lingkungan tersebut akan melakukanperjalanan perdana dari Stasiun Gambir, Jakarta menuju StasiunBalapan Solo yang berangkat pada Minggu (12/9) pukul 21:05 WIB.

Dijelaskan Mateta, WC/Toilet ramah lingkungan tersebut beradapada kereta api Argo Lawu, dimana kereta tersebut memiliki bakpenampungan sehingga kotoran tidak langsung jatuh ke jalur rel.

Di dalam bak tersebut nantinya diisi air yang dicampur denganbahan mikroba sebagai bahan penghancur dan penetralisir kotoransehingga kotoran yang dibuang akan berbentuk air dan tidakmencemari lingkungan.

Kedepan semua toilet yang berada di kereta api akan digantidengan sistem seperti ini yang ramah lingkungan, tambahnya.

Disamping fasilitas toilet ramah lingkungan, KA Argo Lawu jugamenggunakan rangkaian kereta jenis baru produksi PT INKA sebanyakdelapan kereta penumpang dan satu kereta makan. Dan rencanaselanjutnya KA baru ini juga akan dipakai sebagai KA Argo Dwipanggarelasi Gambir-Solo PP.

Sementara itu, mengenai arus mudik dan arus balik di StasiunGambir sendiri, hingga hari kedua lebaran tercatat jumlah totalpenumpang mencapai 77 ribu orang yang berangkat dari Stasiun Gambirdengan berbagai jurusan seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan JawaTimur.

Hasil pantauan siang ini, jumlah penumpang khususnya pada hariMinggu (12/9) tercatat telah diberangkatkan sebanyak 3.303penumpang dengan menggunakan 11 KA.

Sedangkan arus balik dari berbagai stasiun yang tiba di Gambirtercatat sebanyak 1.644 penumpang. Puncak arus balik diperkirakanterjadi pada H+6.

“Saya cek di lapangan dan rata-rata pembelian tiket balik palingtinggi pada H+6, ujar Mateta.

PT KA juga akan menambah rangkaian dan kereta untukmengantisipasi arus balik Lebaran

No comments: