Friday, September 3, 2010

Ribuan Truk Terjebak Macet di China


BEIJING - Ribuan truk pembawa batu bara di China terpaksa berbaris di sebuah jalan raya di sebelah utara China hari ini. Kemacetan ini merupakan rangkaian kemacetan yang terjadi setelah dilakukannya konstruksi di wilayah tersebut.

Truk yang dipenuhi oleh batu bara datang dari Mongolia ini tampak saling berdekatan, di jalan raya yang menghubungan Beijing dan Tibet. Meskipun polisi sudah berusaha mengatur arus lalu lintas, tetap saja truk-truk ini terus terjebak dan tidak dapat berjalan. Demikian diberitakan Xinhua, Jumat (3/9/2010)

Stasiun televisi CCTV melaporkan sekira 10 ribu truk tampak mengantre di jalan raya paling mencapai 120 kilometer. Kemacetan ini seperti merubah jalanan Kota Ordos hingga Kota Jining di Mongolia dalam bak sebuah tempat pakir yang luar biasa luas.

Kemacetan ini merupakan imbas dari penyempitan jalan yang berlangsung sepanjang jalan dari Beijing hingga Tibet yang dimulai sejak pertengahan Agustus. Konstruksi jalan yang terjadi di ruas jalan jalan Beijing-Xinjiang makin menambah parah kemacetan.

Kemacetan parah bukan pertama kalinya terjadi di wilayah China. Bulan beberapa truk bahkan terpaksa menikmati kemacetan hingga lima jam.

No comments: