Friday, September 3, 2010

Penampilan Perdana Kendaraan "Dual Mode"


Liputan6.com, Sapporo: Sebuah model kendaraan baru "dual - mode" secara perdana diluncurkan, Senin (30/8), di Kota Sapporo, Jepang. Kendaraan ini sangat unik karena sepintas terlihat seperti kereta api karena berjalan di atas rel. Namun, apabila dilihat dari bentuknya kendaraan ini lebih mirip dengan mikrolet yang biasa berada di jalanan.

Perusahaan Kereta Api Hokkaido bekerjasama dengan perusahaan mobil dan mengembangkan kendaraan "dual-mode" ini. Kendaraan ini seperti mobil karena memilliki empat roda, serta melaju di jalanan. Selain itu kendaraan "dual-mode" ini juga bisa berjalan di atas rel kereta api. Kendaraan ini juga dapat disambungkan seperti kereta api sampai tiga mobil.

Perusahaan akan menjadikan "kendaraan serba bisa" ini sebagai transportasi umum. Kendaran ini dapat mengangkut sekitar 29 penumpang. Dalam proses "transformasi', kendaraan "dual-mode" ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik untuk melakukannya. Perusahaan itu menyatakan akan melakukan tes untuk menggunakan kendaraan ini di daerah dingin dan bersalaju. Perusahaan juga mengharapkan bahwa kendaraan ini dapat beroperasi pada Maret 2012 mendatang.

No comments: