Friday, September 3, 2010

Melihat Durian Gundul di Mekarsari


JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Taman Wisata Mekarsari akan mengadakan sebuah event bertama Festifal Danau. Acara ini akan diadakan di sekitar Danau Mekarsari seluas 27,5 hektar. Acara ini akan diadakan 10-26 September 2010. Festival Danau merupakan perpaduan dari tiga acara besar.

"Ada acara berjudul special show, pesta danau, dan dunia bermain," kata Indra Dewi, Marketing Manager Taman Wisata Mekarsari, Kamis (2/9/2010).

Dalam special show akan diadakan beberapa operet, antara lain operet Alice and The Wonderland yang dimainkan oleh anak-anak dan operet Bollywood.

Selain itu dalam special show juga akan menampilkan beberapa artis dangdut dan pertunjukkan band. Dalam Pesta Danau akan diadakan berbagai acara, antara lain karnaval di sepanjang Danau Mekarsari dan pesta kelapa muda di kebun kelapa muda.

"Nanti akan ada kelapa muda, kelapa bakar, dan berbagai jenis kelapa muda lainnya," ujar Dewi.

Selain itu juga akan diadakan pertunjukan sulap, hula-hula show, dan bazar makanan. Sedangkan di event dunia bermain terdapat mini jetski, trampolin, dunia balon, dan ular tangga raksasa.

"Mini jetski ini yang terbaru, untuk anak-anak," kata Dewi.

Mengenai keamanan, Indra Dewi menyatakan, pihaknya telah menyiapkan lifeguard untuk pengamankan permainan di danau.

"Jangan khawatir akan keamanan, kami sudah mentraining para lifeguard," ujarnya.

Selain event-event tersebut, Mekarsari pada lebaran ini juga akan memperkenalkan durian gundul atau disebut gundulan.

"Gundulan ini berasal dari Lombok. Pada awalnya masyarakat di sana tidak ada yang berani makan gundulan, akhirnya kami bawa ke Mekarsari," ujar Dewi.

Di samping itu juga akan diperkenalkan durian tanpa sekat dan grumichama. "Grumichama merupakan buah dari Brasil yang sekeluarga dengan jambu," jelas Dewi.

Pihak Mekarsari juga mengadakan Serba Serbu, atau serba sepuluh ribu. Masyarakat dapat membeli berbagai macam tanaman cukup dengan membayar Rp 10.000.

"Semua tanaman yang dijual merupakan tanaman asli nusantara yang berasal dari petani binaan Mekarsari," ujar Dewi.

No comments: