Monday, September 13, 2010

Dongfeng-Nissan Luncurkan Model Mobil Pertamanya


Liputan6.com, Beijing: Dongfeng-Nissan Passenger Vehicle Co. yang merupakan perusahaan hasil kerja sama antara produsen mobil terbesar ketiga Cina, Dongfeng Motor Corp. dan Jepang Nissan Motor, meluncurkan model mobil terbarunya "Venucia" pada Rabu (8/9). Mobil ini merupakan model asli yang dikembangkan secara bersama oleh produsen-produsen Cina.

Perusahaan gabungan yang didirikan pada tahun 2003 ini meluncurkan model barunya pada konferensi pers yang sekaligus merayakan telah memproduksi mobil sebanyak dua juta unit selama tujuh tahun beroperasi.

Model "Venucia" pertama, atau "Qichen" dalam bahasa Cina, akan dijual untuk umum pada 2012 mendatang. Nissan Motors akan memasok mesin untuk model kelas pertengahan sedangkan untuk kekayaan intelektual dari Venucia dimiliki oleh Sino, perusahaan berbasis di Jepang, demikian yang dikatakan oleh wakil manajer perusahaan gabungan, Ren Yong. "Mobil ini akan ditujukan untuk pasar domestik Cina," ucap Ren.

Fumiaki Matsumoto, direktur pengelola usaha gabungan ini mengatakan peluncuran merek baru ditandai adanya tahap baru pembangunan untuk perusahaan. Dia juga mengatakan pasar mobil Cina akan terus berkembang dan akan ada beragam model mobil baru. Angka penjualan perusahaan ini naik 35,5 persen dalam tahun ke tahun sampai sebanyak 434.448 unit selama delapan bulan pertama tahun 2010.(xinhua/AYB)

No comments: