Sunday, September 12, 2010

Wuih...Radja Nainggolan Dkk Geser Inter Milan


INILAH.COM, Cagliari – Luar biasa Radja Nainggolan. Pemain berdarah Indonesia itu sukses melambungkan Cagliari memuncaki klasemen sementara Seri A Liga Italia.

Kemenangan 5-1 atas AS Roma di Stadion Sant Elia, Sardinia, membuat Cagliari kini menggeser posisi Inter Milan sebagai capolista. Meski sama-sama memiliki nilai empat dari dua pertandingan yang sudah dimainkan, Radja Nainggolan dan kawan-kawan unggul selisih gol.

Sebenarnya, Cagliari bisa saja disalip AC Milan. Sayangnya, pada pertandingan yang berlangsung bersamaan, AC Milan menyerah 0-2 di kandang Cesena. Dua gol Cessena dijaringkan Erjon Bogdani dan Emanuele Giaccherini. Akibatnya, Milan yang pekan sebelumnya melumat Lecce 4-0, kini tertinggal satu poin.

Posisi Radja Nainggolan dan kawan-kawan bisa saja tergeser dari puncak klasemen hari ini. Syaratnya, salah satu di antara Parma, Sampdoria, Chievo, Genoa, dan Bari membukukan kemenangan.

Penampilan Radja Nainggolan sendiri cukup mengesankan. Sebagai pemain belakang, dia harus berhadapan dengan penyerang Roma yang terkenal tajam, termasuk Francesco Totti, Daniele De Rossi, David Pizarro, dan Marco Borriello.

Cagliari mencetak gol kilat melalui putra mantan bintang AS Roma, Daniele Conti saat pertandingan jalan delapan menit. Dia memanfaatkan umpan Andrea Cossu.

Roma memang mampu menyamakan kedudukan 10 menit kemudian melalui Daniele De Rossi. Gelandang tim nasional Italia ini berhasil menyelesaikan umpan Francesco Totti.

Tapi, empat menit kemudian, malapetaka menimpa Roma. Nicolas Burdiso mendapat kartu merah dari wasit. Di menit ke-25, giliran Totti harus keluar lapangan dan digantikan Guillermo Burdisso.

Radja Nainggolan dan kawan-kawan memetik dua gol tambahan sebelum turun minum. Alessandro Matri sukses melakukan eksekusi penalty di menit ke-23 sebelum Robert Acquafresca mencetak gol ketika di menit ke-38 memanfaatkan umpan Davide Biondini.

Memasuki babak kedua, Cagliari memperbesar keunggulannya. Baru dua menit setelah istirahat, Matri kembali menjebol gawang Roma yang dikawal Julio Sergio. Kali ini, dia menyelesaikan umpan Andrea Cossu.

Dua menit menjelang bubaran, giliran Andrea Lazzari yang melengkapi pesta gol Cagliari. Dia menuntaskan umpan Cossu.

Radja Nainggolan sendiri tampil penuh selama 90 menit pada pertandingan ini. Pelatih Cagliari, tak seperti pada partai perdana, tak menariknya di tengah pertandingan. Tiga pemain yang digantinya adalah Daniele Conti, Robert Acquafresca, dan Alessandro Matri.

Sosok Nainggolan sempat mencuat di Tanah Air ketika muncul wacana untuk memanggil pemain-pemain berdarah Indonesia yang kini merumput di luar negeri. Sayangnya hal itu tak terwujud. Kini Nainggolan memutuskan untuk memperkuat tim nasional Belgia.

Pemain kelahiran Antwerp, 4 Mei 1988 ini lahir dari ayah seorang Batak dari Medan. Sedangkan ibunya asli Belgia. Dia punya saudara kembar berjenis kelamin putrid, yakni Riana Nainggolan yang lahir sehari lebih awal. [ing]

No comments: