Saturday, September 11, 2010

Wah, Ada Dua Asteroid Terbang Dekati Bumi


Jakarta - Dua asteroid menukik di dekat bumi pada Rabu lalu. Apakah peristiwa seperti itu tidak berbahaya bagi bumi?.

"Ini adalah pertama kalinya kami melihat dua kombinasi dalam jangka waktu 24-jam, tapi itu mungkin karena kita tidak mengetahui sesuatu yang ada di luar sana," kata Lindley Johnson, eksekutif program dari Program Objek Dekat Bumi di markas NASA Washington.

Asteroid tunggal telah diketahui lewat dekat bumi seperti itu, tetapi biasanya lewat tanpa diketahui, Johnson mengatakan pada SPACE.com.

Bahkan perkiraan kasar ada 50 juta asteroid tak diketahui dengan lebar 10 meter bisa lewat di antara orbit bumi dan bulan, setiap hari tanpa membahayakan, kata Johnson menambahkan.

Asteroid tersebut mungkin menabrak atmosfer bumi sekali setiap 10 tahun, tetapi karena ukurannya yang kecil, tidak akan menimbulkan ancaman besar bagi orang atau objek di bumi.

"Pasti akan hancur di atmosfir bumi, atau mungkin kita akan mendapatkan beberapa sisanya yang jatuh," kata Johnson.

Dalam terbang ganda pada Rabu lalu, asteroid 2010 RX30 terbang mendekati bumi pada jam 0951 GMT, berada dalam jarak 248 ribu km. Objek itu diperkirakan memiliki lebar 10 hingga 20 meter.

Asteroid kedua 2010 RF12 dengan lebar 6-14 meter berada dalam lintasan 79.000 km dari bumi pada jam 2112 GMT, menurut NASA.

Kedua asteroid terbang di dalam orbit bulan. Pengamatan awal kedua batu dan orbitnya cukup standar.[ito]

No comments: