Wednesday, September 8, 2010

Test Drive New Kia Pride A/T, Tampilan Gress dan Nyaman


OTOMOTIFNET - New Kia Pride yang dilaunching Juni lalu oleh PT Kia Motors Indonesia(KMI) bagai sosok pelepas penasaran. Apalagi pernah diluncurkan pada 2005 dan ‘menghilang’ di 2007 akibat pertarungan kelas mini MPV dan hatchback yang sengit kala itu.

Padahal cukup banyak yang kemudian jatuh suka dengan Pride hatchback, terbukti resale valuenya tergolong kuat masih di atas Rp 100 jutaan untuk produk 2007. Nah setelah para kompetitor seperti All New Jazz, Swift hingga Yaris sudah ganti model dan harga mendekati Rp 200 jutaan, New Pride hadir dengan harga yang terjangkau. Tipe termewah bertransmisi matik seperti yang OTOMOTIF coba cuma Rp 158 juta(on the road). Wah kayak apa rasanya?

Hal yang masih menyenangkan adalah soal handling dan kesenyapan kabin. Bisa dibilang New Pride bagai memiliki kaki-kaki ala sedan Eropa. Handling dan keseimbangan yang baik disumbang oleh jarak sumbu roda yang panjang: 2.500 mm! Bandingkan dengan Yaris(2.460 mm) atau Swift(2.380 mm). Wheel base New Pride hanya disamai oleh All New Jazz(2.500 mm). Namun Jazz lebih tinggi 55 mm.

Mencoba di trek tol Cipularang yang bumpy, peredaman suspensi cukup baik. Sambil menguji top speed yang bisa tembus 160 km/jam, guncangan cukup minim. Selain itu suara luar juga bisa dibungkam peredaman 3 lapis pada tiap pintunya. Salut juga dengan akustik atap dan kabin. Sayang road noise bawah yakni dari ban malah yang lebih terasa. Hankook Optima 195/55R15 sepertinya agak kerepotan melayani New Pride ini. Terutama saat bermanuver cepat dan lewat jalan tak rata atau gundukan.
Performa mesin 1.399 cc DOHC 16 katup untuk dalam kota sangat bersahabat. Bahkan buat wanita atau yang baru belajar nyetir, terasa lembut tidak bikin kaget. Transmisi matiknya juga smooth. Akselerasi tidak perlu istimewa. Terpenting mudah menyusul satu atau dua mobil di depan dengan baik. Kick downnya cukup responsif meski saat pindah putaran bisa drop 2.000 rpm Kecepatan maksimal yang di 160 km/jam tergolong cukup saat dinaiki 2 orang, bagasi penuh dan bensin full tank.

Nah soal aksesoris bodi tetap ada sedikit penyempurnaan dibanding Pride. Misalnya, fog lamp, headlamp dengan new eye lid, gril depan, bumper baru dan terakhir interior two tone. Secara keseluruhan tampang luar memang tak sefuturistik hatchback terbaru seperti All New Jazz hingga Ford Fiesta. Namun tak sedikit yang berpikir model New Pride lebih abadi.

No comments: