Monday, September 6, 2010

Stadion Bertaraf Internasional Gedebage Bisa Digunakan 2011


Metrotvnews.com, Bandung: Tidak lama lagi Kota Bandung akan memiliki satu lagi stadion berstandar internasional. Stadion yang pembangunannya sudah dimulai baru-baru ini, berada di kawasan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Dijadwalkan stadion ini bisa digunakan untuk menggelar pertandingan pada akhir 2011.

"Sekarang mulai dikerjakan pembangunanya, kami sudah mendapat izin dari Kementerian Pekerjaan Umum untuk membangun jalan akses ke stadion itu," kata Walikota Bandung Dada Rosada di sela-sela Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2010 di Lapangan Tegalega Kota Bandung, Ahad (6/6).

Menurut Dada, pada akhir 2011, seluruh bangunan stadion dan fasilitas di dalamnya memang belum rampung 100 persen. Namun ditargetkan sudah memenuhi standar dan kelayakan untuk menggelar pertandingan.

Stadion yang pembangunannya dianggarkan memakan biaya lebih dari Rp600 miliar itu rencananya dibangun dengan dana sharing antara Pemprov Jabar dengan Pemkot Bandung.

Stadion tersebut rencananya merupakan salah satu venue dari Sarana Olah Raga (SOR) berstandar internasional di kawasan Bandung Timur itu.

"Jadi akhir 2010, Tim Persib sudah bisa menggunakan Stadion Gedebage untuk menjamu tim tamu, kita tidak perlu kesulitan stadion lagi," kata Dada Rosada.

Stadion yang rencananya berkapasitas sekitar 45 ribu tempat duduk itu dibangun di kawasan Kota Bandung bagian timur. Dan rencananya jalan akses ke stadion itu juga akan disinergikan menjadi salah satu pintu tol Purbaleunyi (Cipularang).

Tim Persib Bandung saat ini kesulitan mendapatkan stadion untuk menggelar pertandingan karena kapasitas Stadion Siliwangi Bandung, milik Kodam III/ Siliwangi tidak lagi mampu menampung jumlah pendukung Persib yang datang ke stadion.

Sudah dua musim kompetisi Persib menggunakan Stadion Si Jalak Harupat Soreang milik Pemkab Bandung, namun sejak Mei stadion itu tidak bisa digunakan karena dalam proses perbaikan untuk persiapan Porda Jabar XI/2010.

Pada setiap pertandingan jumlah pendukung Persib rata-rata mencapai 35.000 orang sehingga harus ditampung di stadion berkapasitas besar.

"Stadion Gedebage selain untuk pertandingan Persib, juga untuk menggelar pertandingan berkaliber internasional termasuk digunakan oleh Timnas PSSI," kata Dada Rosada.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan menyatakan Pemprov Jabar berkomitmen untuk mendukung pembangunan Stadion Gedebage Bandung. Pemprov Jabar mengalokasikan anggaran untuk merealisasikan pembangunan proyek stadion berstandar internasional itu.

"Pemprov Jabar mendukung pembangunan stadion itu dan diharapkan pada 2011 bisa menyaksikan pertandingan sepak bola di stadion tersebut," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.(Ant/DSY)

No comments: