Friday, September 10, 2010

Pohon Kelapa Ajaib Dihuni Ular Ghoib


INILAH.COM, Probolinggo - Sebuah pohon kelapa aneh yang terdapat di depan masjid Tiban, Kelurahan Pilang, Kota Probolinggo nampaknya benar-benar dikeramatkan oleh warga setempat.

Mereka menganggap jika pohon kelapa aneh itu dihuni oleh seekor ular ghoib. "Pohon itu dihuni oleh seekor ular ajaib," ungkap salah seorang paranormal, Beni Hidayat yang juga turun ke lokasi kejadian, Kamis (9/9).

Karena dihuni oleh seekor ular ghoib, kata Beni, pantas saja jika warga sekitar merasa takut menebangnya. "Warga memang tidak ada yang berani menebangnya karena takut," katanya.

Tahunya Beni Hidayat jika pohon kelapa aneh itu dihuni oleh seekor ular ghoib saat dia melakukan terobong bathin. Benar saja, memang ada seekor ular besar dengan kepala bertanduk melingkar pada batang pohon itu. Ular ghoib itu tidak akan mengganggu jika warga sekitar tidak mengganggunya.

Kekeramatan masjid Tiban itu memang sudah sejak zaman dahulu. Bahkan, keberadaan masjid itu juga aneh. Warga mengaku berdirinya bangunan masjid itu juga tidak ada yang tahu. Makanya oleh warga kemudian disebut masjid "Tiban" yang artinya datang sendiri.

Dahulu kala, masjid itu juga menjadi persinggahan salah seorang anggota Walisongo di tanah Jawa, yakni Syeh Maulana Ishak. Singgahnya Syeh Maulana Ishak itu sampai sekarang juga meninggalkan bekas pada sebongkah batu yang sekarang berada di belakang masjid.

Selain sebongkah batu, di sisi masjid itu juga ada sebuah sumur yang sampai sekarang juga dikeramatkan. Konon, air sumur masjid Tiban juga menjadi obat segala penyakit yang diburu semua kalangan dari berbagai daerah.

No comments: