Saturday, September 11, 2010

Penyebab Penderita Amandel Tak Boleh Konsumsi Es Krim


Jakarta, Penyakit radang amandel biasanya membuat seseorang sulit menelan dan mengharuskannya menghindari minuman dingin seperti es krim. Tapi kenapa penderita amandel ini tidak diperbolehkan mengonsumsi es krim?

"Pada intinya semua infeksi tenggorokan tidak boleh mengonsumsi es krim. Karena es krim itu kan dingin dan memiliki temperatur di bawah suhu tubuh kita, sehingga bisa memicu radang amandel yang dimilikinya bertambah parah," ujar Dr Siti Faisa Abiratno, SpTHT, MSc saat dihubungi detikHealth, Sabtu (11/9/2010).

Dr Faisa menuturkan seseorang harus bisa mengenali dirinya sendiri, yakni apakah ia memiliki tubuh yang peka (sensitif) atau tidak. Misalnya jika ia merasakan sakit saat menelan atau radang setelah mengonsumsi es krim, maka sebaiknya es krim ini dihindari.

"Pada intinya makanan atau minuman apapun yang bisa merangsang iritasi harus dihindari, misalnya makanan atau minuman yang terlalu panas, terlalu dingin, asam atau terlalu pedas. Karena akan menimbulkan iritasi yang bisa membuat seseorang sakit saat menelan atau memperberat radang amandelnya," ungkap dokter yang berpraktek di RS Bintaro ini.

Amandel adalah suatu bagian dari jaringan limfa yang terletak di kedua sisi bagian belakang tenggorokan. Amandel ini akan mengalami pembesaran atau radang jika terjadi infeksi baik oleh bakteri atau virus. Tapi biasanya amandel tersebut akan kembali ke bentuk semula setelah infeksi berakhir.

Radang amandel ini bisa disebabkan oleh infeksi virus (coxsackie virus, adenovirus atau Epstein-Barr virus), atau bisa juga oleh bakteri yang kebanyakan dari Group A Streptococcus.

Jika radang amandel disebabkan oleh bakteri, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik untuk menghilangkan infeksi tersebut. Tapi jika disebabkan oleh virus, maka diusahakan untuk banyak minum air putih, mengonsumsi makanan yang lunak serta diberikan obat untuk mengurangi gejala yang ada.

"Jika amandel yang dialaminya sudah kronis atau tidak bisa lagi diatasi dengan obat, maka harus dilakukan operasi untuk mengangkat amandel yang meradang tersebut," ujar Dr Faisa.

Dr Faisa menambahkan setelah dilakukan operasi biasanya pasien akan diberikan es krim, karena es krim ini memiliki temperatur yang dingin sehingga bisa membantu menutup kapiler-kapiler (pembuluh darah kecil).

"Operasi amandel ini menimbulkan luka terbuka dan tidak semuanya dijahit, karena hanya pembuluh besarnya saja yang dijahit sehingga dengan mengonsumsi es krim bisa membantu menutup luka agar tidak gampang berdarah. Dan proses penyembuhannya pun berbeda-beda sekitar 5 hari sampai seminggu," imbuhnya.

No comments: