Friday, September 3, 2010

Pengungsi Sinabung Terserang Stroke


INILAH.COM, Kabanjahe - Seorang pengungsi letusan Gunung Sinabung, Muhammad Ginting (67), dilaporkan mendapatkan serangan stroke. Diduga ia trauma akibat peristiwa letusan, Minggu 29 Agustus lalu.

"Sebelumnya, dia sudah menderita hipertensi, tapi kondisi yang terjadi semakin mendorong stroke," kata dokter jaga di posko Gedung Nasional Kabanjahe, Rosi Pinem, Jumat (3/9).

Disebutkan, selama berada di penampungan, warga asal Surbakti itu memang menunjukkan gejala tensi yang tinggi. Ginting juga terlihat trauma, karena mengungsi menyusul letusan Sinabung.

"Selama berada di penampungan, kita telah memberikan perawatan terbaik, di antaranya dengan memberikan obat penenang agar tensi tinggi pasien yang memicu stroke dapat menurun," ujarnya.

Diakui, banyak pengungsi yang trauma dan menderita tekanan jiwa selama berada di penampungan, meski kebanyakan hanya mengalami trauma kecil. "Tapi saya kurang tahu, apakah pasien Muhammad Ginting stroke karena trauma peristiwa gunung meletus atau memang karena hipertensi yang sudah diidapnya," jelas dia.

Sebelumnya, pihak keluarga sempat membujuk Muhammad Ginting untuk kembali ke rumah mereka guna menjalani rutinitas seperti biasa, tetapi ditolak karena trauma. [wol/mut/nic]

No comments: