Wednesday, September 8, 2010

Mobil Tawon Rp48 Juta


PRODUSEN mobil nasional PT Super Gasindo Jaya siap memasarkan mobil Tawon yang diperuntukkan sebagai pengganti Bajaj dan juga untuk mobil pribadi, pada Juli 2010.

General Manager PT Super Gasindo Jaya, Njoto Kuntoaji, ketika ditemui di sela-sela pameran alat transportasi di Plaza Pameran Kementerian Perindustrian menjelaskan, mobil yang dibandrol dengan harga Rp48 juta (on the road) tersebut sudah mendapat rekomendasi dari Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLAJ).

“Kita tinggal menunggu SK Gubernur DKI Jakarta, dan untuk mobil pribadi siap dipasarkan Juli nanti. Kami sudah menyiapkan 150 unit meski kapasitas produksi di pabrik mencapai 600 unit,” ujarnya.

Mobil nasional yang menggunakan mesin berkapasitas 650 CC tersebut, memakai dua jenis bahan bakar, yaitu bensin dan gas yang bisa diaktifkan saat dibutuhkan.

VARIAN BARU
Njoto mengungkapkan kini Tawon memiliki varian baru yang dinamai Tawon Transformer. Dinamai Transformer karena mobil ini bisa ditranformasikan ke dalam berbagai kebutuhan.

Bila sebelumnya bertipe city car, kali ini Tawon coba menawarkan tipe pickup, sehingga tawon Transformer bisa dijadikan mobil toko (MOKO), atau untuk mengangkut barang dengan kapasitas bak sebesar 500 kg.

Beda dengan Tawon jenis city car, Tawon Transformer meskipun kapasitas mesinnya sama, yakni 650 cc, 4 langkah, hanya berbahan bakar bensin, sehingga Tawon Transformer tidak didukung oleh mesin CNG yang berbahan bakar gas.

”Sengaja tidak menggunakan CNG, karena segmen pasarnya untuk pedesaan, dimana belum terdapat tempat pengisian bahan bakar gas,” sambungnya.

Tawon Transformer ini baru berupa prototipe, sehingga baru tersedia sebanyak enam unit saja, yang dibanderol pada kisaran harga Rp40 juta. (tri/st)

No comments: