Saturday, September 11, 2010

Inilah CEO Baru Nokia


Jakarta - Beberapa waktu lalu, Nokia tengah mencari Chief Executive Officer (CEO) baru. Itu semua karena CEO sebelumnya, Olli-Pekka Kallasvuo dianggap kurang sukses dalam menarik pasar. Kini 'pahlawan' baru Nokia telah muncul dengan segudang harapan.

Seperti dikutip detikINET dari softpedia, Sabtu (11/9/2010), pengganti Kallasvuo tersebut bernama Stephen Elop. Sebelumnya, ia pernah memegang posisi eksekutif senior di sejumlah perusahaan. Diantaranya: Juniper Networks, Adobe Systems dan Macromedia Inc.

Dari sisi latar belakang pendidikan, ia pernah meraih gelar di bidang teknik komputer dan manajemen dari McMaster University Hamilton, Kanada.

"Jajaran direksi Nokia percaya bahwa Stephen memiliki pengalaman industri yang tepat dan keterampilan kepemimpinan untuk menyadari potensi penuh dari Nokia. Pengalamannya dalam membawa perubahan manajemen telah terbukti dan ini akan menjadi aset berharga untuk menyelesaikan transformasi perusahaan," ujar Jorma Ollila, Chairman Nokia Board of Directors.

Ia pun percaya, Stephen bakal dapat mendorong inovasi dan efisiensi agar dapat memberikan peningkatan nilai kepada para pemegang saham Nokia. Stephen sendiri merasa bangga bisa bergabung dengan perusahaan sekelas Nokia.

"Nokia memiliki posisi yang unik di pasar global sebagai brand besar. Perusahaan ini memiliki talenta mendalam yang akan terus memberikan produk-produk inovatif bagi kebutuhan konsumen," ujar Elop.

Dengan masuknya Stephen Elop, maka Kallasvuo segera mengundurkan diri dari posisinya di dewan direksi Nokia. Namun ia akan tetap duduk di kursi dewan dalam kapasitas non eksekutif.


Saham Nokia Langsung Naik

Seperti diketahui, ketika Nokia membukukan penurunan laba operasi 40 persen pada kuartal II-2010, muncul spekulasi akan adanya bos baru yang ditunjuk.

Berita pergantian CEO ini membuat saham Nokia naik 4,97 persen menjadi 8,12 euro di Bursa Efek Helsinki, Finlandia. Elop yang sekarang menjabat sebagai Presiden Divisi Bisnis Microsoft, akan mengambil alih posisi CEO Nokia pada 21 September 2010.

Elop menggeser posisi Kallasvuo yang telah 30 tahun bekerja di Nokia, dan menjabat sebagai CEO sejak 2006. "Dewan direksi berterima kasih kepada Olli-Pekka yang telah bergabung dengan Nokia selama 30 tahun dan banyak terlibat dalam mengembangkan perusahaan serta operasionalnya," tukas Ollila.

No comments: