Friday, September 10, 2010

Gandalf Ancam Penerbangan di Skotlandia


Para pilot di wilayah udara Skotlandia diperingatkan tentang potensi ancaman bahaya yang ditimbulkan oleh seekor burung bangkai yang terbang dari tempat pertunjukan masyarakat dan gagal kembali, kata pengawas lalulintas udara, Rabu.

Gandalf, nama burung bangkai Ruppell’s Griffon betina yang berusia tujuh tahun itu, melakukan pertunjukan di pusat korban burung World of Wings di Cumbernauld, dekat Glasgow, Selasan (17/8), sewaktu burung tersebut terbang dan diduga terjebak hembusan angin keras.

Perusahaan pemantau lalu lintas udara NATS menyatakan pilot yang menggunakan Bandar Udara Glasgow diperingatkan mengenai keberadaan burung itu.

Joanna Timson, salah seorang pemburu yang menggunakan burung elang di World of Wings, mengatakan, "Kondisi buat burung bangkai untuk terbang sangat sempurna. Burung tersebut terakhir kali terlihat menuju arah Stirling. Gandalf tak pernah melakukan ini sebelumnya," katanya. Burung bangkai itu memiliki tinggi tubuh 1,2 meter dengan rentang sayap tiga meter. "Keprihatinan utama kami ialah jika anggota masyarakat melihatnya, mereka mungkin ketakutan," kata Timson.

Jurubicara NATS berkata, "Kami meminta pilot menyadari kemungkinan bertemu dengan burung ini karena Gandalf memiliki rentang sayap tiga meter dan dapat terbang hingga ketinggian yang digunakan oleh pesawat komersial."

No comments: