Friday, September 3, 2010

Ford Focus Bakal Bisa Melaju Tanpa Bensin


DETROIT- Perlahan tapi pasti, nampaknya tren kendaraan listrik akan semakin berkembang, bahkan kemungkinan dapat menyingkirkan kendaraan berbahan bakar konvesional.

Produsen mobil asal Amerika Serikat (AS), Ford mengatakan bahwa kehadiran kendaraan listrik sudah tidak dapat dibendung lagi. Namun pada dasarnya piranti utama dari sistem kendaraan listrik tak lain adalah baterai.

Ford akan menggunakan baterai lithium-ion pada Focus 2011, yang akan menggunakan pendingin dari air untuk menangani salah satu hal yang paling ditakuti dalam kendaraan listrik, yakni baterai mengalami overheating.

Cairan akan digunakan oleh mobil untuk menjaga tingkat panas sampai batas minimum, hal ini berguna agar dapat meningkatkan masa pakai perangkat tersebut.

Menurut Ford, sistem pendingin yang akan digunakan dapat memungkinkan baterai untuk bereaksi terhadap perubahan temperatur eksternal. Ketika suhu di luar tinggi, cairan dingin digunakan untuk menyerap panas dari baterai dan melepaskannya melalui radiator. Lalu cairan tersebut kemudian akan dipompa kembali melalui chiller, ibaratnya sistem kerja tersebut seperti menciptakan semacam lingkaran layaknya sistem kerja radiator pada umumnya.

Ketika suhu di luar rendah, baterai akan dihangatkan oleh cairan, agar mampu beroperasi pada kapasitas optimal. "Suhu extreme pada baterai dapat berdampak pada masa pakai dan kinerjanya, sehingga penting untuk memiliki sitem pendinginan yang efektif dan sistem pemanas suhu untuk mengatur aplikasi ini," kata Executif Technical Leader, Energy Storage & HV System Ford Anand Sankaran.

Hal ini juga memungkinkan untuk melakukan pengisian baterai dengan lebih baik Ketika mobil tersambung ke listrik, sistem kontrol akan melakukan prakondisi suhu baterai yang optimal sebelum melakukan charge. Jika daya baterai sudah sampai pada suhu optimal, sistem akan secara otomatis melakukan charge dan mempertahankan suhu optimal.

Dengan system ini, mobil akan mampu berjalan sampai 160 km pada satu kali melakukan isi ulang. Ford Focus electric dijadwalkan hadir pada 2011

No comments: