Thursday, September 2, 2010

AS Umumkan Hadiah US$ 5 Juta Untuk Penangkapan 2 Pemimpin Taliban Pakistan

Washington - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menawarkan hadiah uang hingga US$ 5 juta bagi siapa saja yang memberikan informasi untuk menangkap dua pemimpin kelompok militan Taliban Pakistan.

Kelompok tersebut, Tehrik-i-Taleban atau Gerakan Taliban Pakistan atau Taleban Movement of Pakistan (TTP) merupakan kelompok terbaru yang dinyatakan AS sebagai organisasi teroris asing.

Kelompok TTP sebelumnya mengklaim bertanggung jawab atas plot pengeboman yang gagal di Times Square, New York beberapa waktu lalu. 

"Kita harus sangat jelas soal ini. TTP benar-benar merupakan bagian dari ancaman teroris paling berbahaya yang dihadapi AS," kata Daniel Benjamin, duta besar umum Departemen Luar Negeri (Deplu) AS untuk kontraterorisme seperti dilansir Reuters, Kamis (2/9/2010).

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton baru saja memasukkan TTP ke daftar berisi sekitar 46 kelompok yang dianggap AS terlibat dalam terorisme dan harus dikenai sanksi finansial dan perjalanan.

Pemerintah AS pun menawarkan hadiah uang untuk penangkapan dua tokoh TTP, Hakimullah Mehsud dan Wali-ur-Rehman. Mehsud adalah pemimpin TTP yang telah didakwa atas plot yang menewaskan tujuh pegawai CIA di markas AS di Afghanistan pada Desember 2009 lalu. Sedangkan Rehman merupakan komandan senior TTP.

"Orang-orang ini merupakan teroris-teroris berdedikasi dan mereka tengah mencoba mengembangkan jangkauan berdarah mereka ke tanah air Amerika," pungkas Robert Hartung, pejabat keamanan senior Deplu AS.

No comments: