Wednesday, September 8, 2010

alfred riedl: Timnas Thailand Masih Terkuat




Jakarta (tvOne)

Pelatih timnas sepak bola Indonesia Alfred Riedl mengakui jika timnas Thailand masih menjadi yang terkuat di Asia Tenggara. "Memang benar, Thailand hingga saat ini masih yang terkuat. Tapi semuanya masih ada peluang untuk diatasi," kata pelatih asal Austria itu di Jakarta, Selasa.

Mantan pelatih timnas Laos itu beberapa hari yang lalu telah mengintip pertandingan uji coba antara Thailand melawan India. Pada pertandingan itu tim Gajah Putih menang 1-0.

Timnas Thailand pada kejuaraan Piala AFF akhir tahun nanti berpeluang satu grup dengan Indonesia selaku tuan rumah. Sedangkan digrup lain yang akan menjadi tuan rumah adalah Vietnam.

Menurut dia, pada pertandingan uji coba timnas Thailand menurunkan tim inti. Selama pertandingan berlangsung tim tuan rumah cukup mendominasi. Namun akibat penyelesaian kurang maksimal, timnas Thailand hanya mampu menciptakan 1 gol. "Itu yang menjadi catatan. Meski masih yang terkuat, namun ada beberapa kelemahn salah satunya pertahanan dan penyelesaian akhir," katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, kelemahan yang ada apa timnas Thailand harus bisa dimanfaatkan jika ingin memenangkan pertandingan. Untuk itu pihaknya menginstruksikan pada pemain yang masuk pelatnas berlatih dengan maksimal.

Selama training camp (TC) tahap pertama sejak 16 Agustus lalu, 24 pemain telah digembleng dengan program-program yang disusun oleh Alfred Riedl dan jajaran pendukung lainnya.

Beberapa formasi telah dicoba selama TC diantaranya 4-4-2 dan 4-2-3-1. Bahkan formasi juga telah diaplikasikan pada pertandingan uji coba melawan Persita Tangerang dan Pro Titan Medan. Hasilnya timnas menang masing-masing 4-1 dan 3-0.

Meski menang, timnas dibawah asuhan Alfred Riedl juga masih banyak kekurangan diantaranya di lini depan. Empat pemain depan yang ada belum bisa berperan maksimal. Selama TC pemain tengah berperan cukup dominan.

Untuk meningkatkan performa tim pada TC tahap dua yang rencananya dimulai 3 Oktober, jajaran pelatih akan mencoret beberapa pemain yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan selanjutnya memanggil pemain baru yang sebelumnya telah mengikuti seleksi.

Guna meningkat performa tim sebelum turun di Piala AFF, timnas Indonesia mengagendakan lima kali uji coba internasional yaitu melawan Uruguay, Pantai Gading, China, Timor Leste dan ditutup melawan Brasil.

No comments: