Tuesday, June 19, 2012

Wah, Kereta Api Bandara Rp 1,7 Triliun Siap Operasi Juni 2013

Jakarta - Diam-diam pemerintah menyatakan sedang mengerjakan proyek kereta api dengan trayek menuju Bandara Soekarno-Hatta. Kereta ini direncanakan mulai dicoba beroperasi Juni 2013.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono kepada detikFinance, Senin (21/5/2012).

"Proyek ini sedang dikerjakan, double track Tangerang-Duri oleh Ditjen Kereta Api dan new track Tangerang-Cengkareng oleh PT KAI pekerjaan persiapan," kata Bambang.

Dia mengatakan, proyek senilai Rp 1,7 triliun ini akan didanai oleh APBN dan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Secara terpisah, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan mengatakan, pembangunan double track KA Komuter Tanah Abang-Tanah Tinggi/Tangerang sudah dikerjakan oleh Ditjen KA Kemenhub.

"Proyek ini ditargetkan selesai 2013," tutup Ervan.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan jalur kereta menuju Bandara Soekarno-Hatta akan terdiri dari dua jalur, yakni commuter line dan ekspres. Commuter line melewati Tangerang dan ekspres melewati Pluit. Kereta api bandara akan melintas setiap 15 menit hingga 30 menit.

Jalur ekspres akan dibangun dengan model melayang melalui rute Manggarai-Sudirman-Tanah Abang-Duri-Angke-Pluit-Bandara Soekarno Hatta. Proyek pembangunan jalur itu menggunakan pola kemitraan pemerintah dengan swasta atau public private partnership (PPP).

Sementara itu, rute kereta komuter melalui jalur yang sudah ada dari Manggarai-Sudirman-Tanah Abang-Duri-Grogol-Bojong Indah-Kalideres-Tanah Tinggi-Bandara Soekarno Hatta.

No comments: