Tuesday, June 19, 2012

Renovasi Bandara Soekarno-Hatta Terbesar Mulai Digelar

PT Angkasa Pura II (Persero) memulai proyek pengembangan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Sejumlah pekerjaan fisik tahap awal realisasi grand design bandara terbesar di tanah air itu segera dibangun.

Pekerjaan itu antara lain meliputi pelebaran akses utama (P1 dan P2) dari menuju terminal penumpang, penambahan apron, membuat high speed rapid exit taxyway, serta menambah kapasitas boarding lounge Terminal 1A dan 1B.

”Ini adalah bagian dari program jangka pendek pelaksanaan grand design yang dilakukan pada tahun 2011 dan 2012, yaitu membangun sarana-sarana penunjang pelaksanaan pengembangan Soekarno-Hatta,” ungkap Direktur Utama Angkasa Pura II, Tri S Sunoko, usai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR di Jakarta, Rabu, 8 Februari 2012.

Pada tahun 2012 ini, AP II rencananya akan melanjutkan pekerjaan fisik berupa revitalisasi jalan akses utama dari dan menuju terminal (P1 dan P2). Nantinya, akses jalan kedua terminal itu akan bertambah dari dua lajur menjadi masing-masing tiga lajur sepanjang 5,5 kilometer.

Disusul kemudian dengan pekerjaan-pekerjaan persiapan yang meliputi pembangunan basecamp, pembuatan jalan akses proyek, pembuatan area parkir sementara, serta pembangunan fasilitas pengganti.

Selanjutnya, pembangunan fisik terminal kargo, pembangunan area komersial dan integrated building, serta east connection cross taxiway juga dijadwalkan untuk dilakukan tahun 2012 ini. ”Insya Allah pertengahan 2012 ini kami akan lakukan ground breaking proyek pengembangan total Soekarno-Hatta,” jelas Tri Sunoko.

Ia menjelaskan sebenarnya program pengembangan terminal tersebut sudah
dilakukan sejak 2011 lalu, yaitu dengan membuat apron baru seluas 72.896 meter persegi dan selesai pada akhir Desember 2011. Kini, apron Terminal 3 mampu menampung hingga 20 pesawat sejenis Boeing 737 series untuk parkir.

No comments: