Sunday, June 10, 2012

Van der Vaart: Belanda Tak Layak Menang

Gelandang Belanda, Rafael van der Vaart, mengatakan, jika sebuah tim melepaskan 25 tembakan tanpa satu pun membuahkan gol, tim itu tak layak menang. Pernyataan itu mengacu pada kekalahan 0-1 yang diderita Belanda saat melawan Denmark, pada laga Grup B Piala Eropa 2012, Sabtu (9/6/2012).

Gol Denmark dicetak oleh gelandang Michael Krohn-Dehli pada menit ke-24. Setelah menerima umpan Simon Busk Poulsen, ia menggocek bola dan dari tengah kotak penalti menaklukkan kiper Maarten Stekelenburg dengan tendangan datar.

Menurut catatan UEFA, sepanjang laga, Belanda menguasai bola sebanyak 53 persen dan menciptakan delapan peluang emas dari 28 usaha. Adapun Denmark melepaskan delapan tembakan akurat dari delapan percobaan.

"Itu adalah pertandingan yang Anda pikir Anda bisa mencetak gol, tetapi bukan itu yang terjadi dan ketika Anda gagal memaksimalkan peluang, dan kami sendiri memberi mereka satu atau dua peluang, hasil itu mengecewakan. Ketika Anda melepaskan 25 tembakan dan Anda tak mendapat satu gol pun, Anda tak layak menang. Anda tak pernah bisa puas menerima kekalahan," ujar Van der Vaart.

Belanda masih memiliki dua pertandingan lagi di fase grup, yaitu melawan Jerman dan Portugal. Menurut Van der dengan kekalahan dari Denmark, Belanda harus memenangi dua laga itu untuk lolos ke babak berikut.

"Kami harus menang dua kali untuk melaju ke babak selanjutnya. Kami harus menang. Itu jelas. Kami sangat membutuhkan kemenangan saat ini. Jika kami menang (atas Denmark), hasil imbang dengan Jerman akan berarti kami telah bermain dengan baik. Namun, sekarang kami membutuhkan dua kemenangan," tandasnya.

No comments: