Sunday, June 10, 2012

Kota Batam wacanakan pembatasan mobil

Batam (ANTARA News) - Kota Batam mewacanakan pembatasan kendaraan bermotor karena timpangnya rasio panjang jalan dengan jumlah kendaraan.

"Badan Pengusahaan Batam selaku pihak yang berwenang memberi izin impor mobil dan Dinas Perhubungan Kota Batam menyatakan jumlah kendaraan di Batam sudah terlalu banyak," kata Wali Kota Batam Ahmad Dahlan akhir pekan ini.

"Kami akan mencari cara yang memungkinkan agar jumlah mobil di Batam bisa dibatasi. Batam merupakan pulau kecil, jika tidak dilakukan pembatasan akan menimbulkan masalah baru," kata Dahlan.

Selain mobil, kata Dahlan, jumlah sepeda motor di Batam juga terlalu banyak sehingga turut menyumbang kemacetan yang mulai dirasakan setiap hari.

"Kami akan membentuk tim, untuk melakukan pengkajian lebih lanjut. Termasuk melibatkan Samsat serta Bea dan Cukai untuk mengetahui jumlah mobil dan motor untuk menentukan rasio kendaraan yang boleh berada di Batam," Kata dia.

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana, Badan Pengusahaan (BP) Batam, I Wayan Subawa yang menangani impor mobil ke Batam mengatakan sejak 2010 hingga Mei 2012 jumlah mobil luar negeri yang masuk ke Batam mencapai 1.249 unit.

"Sejak diperbolehkan mobil impor masuk ke Batam pada 2010, tercatat 1.249 unit mobil berbagai jenis masuk ke Batam," kata dia.

No comments: