Tuesday, June 19, 2012

Inilah Spesifikasi Mobil Listrik Canggih Dahlan Iskan

Indonesia akan memiliki mobil listrik super dalam waktu dekat. Saat ini pengembangan mobil tersebut tengah dilakukan di DIY Yogyakarta.

Tentu, mobil listrik super tersebut bakal menjadi andalan masyarakat Indonesia. Soalnya sebagian besar teknisi adalah anak bangsa yang gapek dalam hal otomotif.

Dikembangkan bersama rumah modifikasi Kupu-kupu Malam asal Yogyakarta tidak membuat mobil listrik super itu kalah keren.

Bodi mobil listrik super itu akan menggunakan pelat. Belum diketahui berapa ukuran pelat yang akan tersemat di mobil listrik itu.

Namun dikabarkan akan menggunakan pelat galvanis ukuran 0,8 mm. Beberapa sudut juga akan menggunakan bahan fiber untuk meminimalisir bobot mobil tersebut.

"Kabarnya menggunakan pelat ukuran 0,7-0,8 mm. Tapi belum tahu jenisnya ketika diproduksi massal," kata sumber kami di bengkel modifikasi Kupu-kupu Malam.

Ia menjelaskan dari segi desain, mobil listrik super itu sangat berbeda dari mobil konvensional yang beredar di Indonesia.

Namun ia memastikan mobil listrik itu adalah coupe 2 pintu dengan kapasitas 4 penumpang. Pada kursi belakang hanya dapat dimuati oleh 2 penumpang saja. Desain tersebut dikatakan sangat mengutamakan aerodinamika.

Sang sumber menegaskan desain atapnya sangat unit dengan kaca hitam hingga ke belakang (panoramic view). Namun meski menggunakan bahan kaca, kekuatannya cukup mumpuni untuk melindung pengendara dan penumpang. Skema lainnya adalah terdapat pilar B untuk menopang segi keamanan.

Mobil listrik tersebut memiliki dimensi panjang 4.413 meter, dan wheelbase 3 meter dengan bobot tidak lebih dari 1400 kg.

Sayang belum jelas siapa pemasok mesin listrik untuk mobil tersebut. Konsep hybrid yang tersemat juga masih abu-abu.

Namun sedikit mengungkapkan jika nantinya akan tersemat 2 motor listrik yang hanya akan menyuplai tenaga ke roda depan dengan kemampuan mencapai batas kecepatan 220 km/jam.

Sedangkan untuk menopang mobil listrik super itu, pihak pengembangkan akan menyematkan suspensi McPherson Strut with Coil Spring di depan dan belakang.

"Tidak ada air suspension di kaki-kaki pada mobil itu. Suspensinya mirip dengan mobil sedan saat ini. McPherson strut biasa di kaki-kaki," pungkasnya.

Ia juga menegaskan akan banyak fitur entertainment di dalam mobil listrik tersebut. Sayang ia tidak bisa menjelaskan satu persatu. "Entertainment audio sudah biasa, nanti ada yang lain, tapi saya lupa apa saja," tutup sumber.