Tuesday, June 19, 2012

Tiket Kereta Bandara akan Dibandrol Rp 75.000

Jakarta - Pembangunan jalur rel kereta api Bandara memang belum dimulai oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Namun PT KAI sudah menghitung perkiraan tiket kereta yang akan mengangkut penumpang dari Bandara Soekarno Hatta-Manggarai atau sebaliknya.

"Mungkin sekitar Rp 60 sampai Rp 75 ribu, ini benar-benar komersial, karena keretanya juga bagus. Waktu perjalanan kira 60-70 menit (dari Manggarai-Bandara)," kata Dirut KAI Ignasius Jonan kepada detikFinance, yang dikutip Rabu (16/5/2012

Ia menjelaskan waktu tempuh kurang lebih 1 jam tersebut sejatinya bisa ditekan hanya menjadi 30 menit dengan kecepatan tinggi. Banyaknya perlintasan liar di sepanjang jalur kereta bandara membuat kecepatan kereta tak bisa melaju maksimal. Menurutnya perlintasan liar itu kalau ditutup dampak sosialnya besar.

"Kok lama ya jarak tempuhnya dari Manggarai ke Bandara sampai 60 menit?Kalau naik mobil waktunya berapa lama, kira-kira satu jam lah, ya kita menjual kepastian. Kalau sekarang berangkat dari Gambir ke bandara sampai 1 jam tidak? Kenapa nggak sampai 30 menit? bisa tapi banyak perlintasan liar," Jelas Jonan.

Mengenai persiapan proyek ini, lanjut Jonan, perseroan sedang menyiapkan semua dokumentasi detail egineering design, kajian hukum, kajian keuangan. "Akan kami ajukan ke kementerian perhubungan dan keuangan. Bulan ini akan kita masukan, kalau disetujui kita akan proses pengadaan, pembangunan jalan," katanya.

Menurutnya jalur kereta bandara akan mencakup perlintasan melayang atau elevated dan di bawah. Sayangnya PTKAI masih merahasiakann rute mana saya yang akan dilewati kereta bandara

"Belum ada pembebasan lahan, saya nggak berani ngomong, nanti harga tanahnya keburu naik.Total investasi untuk kereta bandara berapa?Total investasi sekitar Rp 2,5 triliun, ini untuk jurusan dari Manggarai, Sudirman, Duri, Tanah Abang, Tangerang, nanti beloknya kemana nanti kita lihat," katanya.

Sebelumnya, Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Infrastruktur dan Logistik Sumaryanto Widayatin mengatakan proyek infrastruktur kereta untuk rute menuju Bandara Soekarno Hatta-Manggarai ditargetkan dapat selesai dalam dua tahun terealisasi.

"Proyek tersebut ditarget dalam dua tahun selesai, dan dianggarkan menghabiskan dana sedikitnya Rp 2,26 triliun," ujarnya beberapa waktu lalu

Menurutnya, proyek tersebut sebelumnya sudah lama direncanakan, namun manajemen direksi PT KAI masih takut-takut melaksanakan proyek ini.

"Baru setelah keluarnya Perpres No. 83 tahun 2011 tentang Penugasan KAI untuk menyelenggarakan prasarana dan sarana kereta Bandara Soekarno-Hatta, baru mereka berani kebut ini proyek," ujarnya lagi.

No comments: