Thursday, June 21, 2012

Orang Kaya Dunia Beli Pulau di Hawaii

Salah satu orang terkaya dunia versi majalah Forbes, Larry Ellison, dikabarkan telah membeli sebuah pulau terbesar keenam di Hawaii, Amerika Serikat, bernama Lanai. Bos perusahaan Oracle ini membeli sekitar 98 persen dari luas kawasan tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Hawaii, Neil Abercrombie, seperti dikutip VIVAnews dari laman guardian, Kamis, 21 Juni 2012.

Ellison yang merupakan orang terkaya ketiga di AS memiliki pulau tersebut dari rekannya sesama triliuner, David Murdock, pemilik Castle and Cooke Inc. Ellison hanya menyisakan sekitar 2 persen dari pulau Lanai tersebut atau 365 kilometer persegi untuk publik.

Proses pengambilalihan kepemilikan pulau tersebut saat ini sedang dalam proses pengesahan dari sebuah badan hukum di Hawaii. Walau belum mengungkapkan nilai pembelian pulau tersebut, sejumlah media memperkirakan nilainya mencapai US$600 juta atau Rp5,4 triliun (kurs Rp9.000 per dolar).

Dalam pernyataannya, Gubernur Hawaii, Neil Abercrombie, menyatakan Ellison diketahui telah lama mengincar pulau tersebut. "Minatnya terhadap hal-hal berbau alam, khususnya lautan, sudah lama diketahui," katanya.

Pulau Lanai selama ini dikenal sebagai areal yang dpenuhi perkebunan nanas. Di pulau ini terdapat dua buah resort Four Season, lapangan golf, dan rumah mewah.

Orang terkaya dunia yang juga pemilik perusahaan Microsoft, Bill Gates, pernah memesan setiap kamar hotel di pulau ini untuk menggelar perkawinannya pada 1994.

Untuk diketahui, Forbes menempatkan Ellison sebagai orang terkaya keenam di dunia. Nilai kekayaan pemilik Oracle ini ditaksir mencapai US$36 miliar. (art)

No comments: