Saturday, August 28, 2010

TNI Tetap Beli Pesawat Tempur L-159 Czech


Jakarta, Kominfo Newsroom - Panglima TNI, Jenderal Djoko Santoso berkeinginan untuk melanjutkan kerjasama bidang pertahanan dengan Republik Czech termasuk rencana pembelian L-159 dari negara itu, meski dia tetap akan berkoordinasi dengan Departemen Pertahanan.



Hal itu terungkap ketika Djoko menerima kunjungan kehormatan Dubes Republik Czech untuk Indonesia, H.E. MR. DR. Pavel Rezac, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Selasa, (18/3).


Kepala Dinas Penerangan Umum Puspen TNI, Kol. Caj Dr. A. Yani Basuki mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi dan mempererat hubungan serta kerja sama antar kedua negara, khususnya yang terkait dengan bidang kemiliteran.


Pa da kesempatan tersebut Panglima TNI menjelaskan kepada Dubes Republik Czech tentang pelaksanaan reformasi internal TNI yang bermuara pada profesionalisme TNI yang diharapkan bangsa Indonesia.


Sementara itu Dubes Czech selain menyampaikan ucapan selamat atas pengangkatan Jederal TNI Djoko Santoso sebagai Panglima TNI, Dia juga berharap perjanjian kerjasama pertahanan RI-Republik Czech dapat segera diratifikasi oleh DPR RI, sehingga kerjasama teknis dapat segera diwujudkannya terutama rencana pengadaan pesawat tempur ringan L-159 oleh TNI AU.


Selain itu, Pavel Rezac juga menyampaikan bahwa pemerintahnya memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan demokratisasi di Indonesia, termasuk pelaksanan reformasi internal TNI. (T.Yr/id/c)

No comments: