Sunday, August 29, 2010

Pertamina pesan 5 Tanker Senilai US$75,58

JAKARTA: PT Pertamina (Persero) memesan lima armada tanker senilai US$75,58 juta dari empat galangan kapal di dalam negeri. Penambahan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan distribusi BBM Pertamina.

VP Corporate Communications Pertamina Mochamad Harun mengatakan pemesanan kapal tersebut dilakukan lewat penandatanganan kontra pembangunan kapal/Ship Building Contract (SBC) dengan empat galangan yakni PT Dumas Tanjung Perak Shipyard, PT Daya Radar Utama, PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero), dan PT PAL Indonesia (Persero), yang dilakukan di Surabaya hari ini.

“Kelima tanker tersebut diharapkan mulai masuk memperkuat jajaran armada perkapalan Pertamina mulai April hingga Desember 2012,” ujar Harun dalam siaran persnya, siang ini.

Kelima armada tanker tersebut masing masing dua kapal ukuran 17.500 long ton dead weight (LTDW) yang akan dibangun di PT Pal Surabaya, satu kapal 6.500 LTDW dibangun di PT Dok & Perkapalan Surabaya, dua kapal ukuran 3.500 LTDW yang masing masing di buat PT Dumas Tanjung Perak Shipyard Surabaya dan PT Daya Radar Utama Lampung.

Harun mengatakan tanker ini dibuat sesuai dengan kondisi perairan Indonesia dan diharapkan akan menjadi produk Indonesia yang terbaik di kelasnya. Selama proses pembangunan kapal, Pertamina akan melaksanakan supervisi ke semua galangan secara periodik untuk menjamin ketepatan masa pembangunan.

Hingga saat ini Pertamina mengoperasikan 190 kapal tanker termasuk 36 kapal milik Pertamina yang digunakan untuk pengangkutan minyak mentah, produk-produk kilang & BBM serta kapal pengangkut LPG.

“Pengadaan armada baru ini merupakan bagian dari rencana besar peremajaan dan penambahan armada milik Pertamina. Dengan kemampuan armada milik yang semakin kuat, diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan, meningkatkan efisiensi transportasi serta mengurangi ketergantungan terhadap kapal charter,” jelas Harun. (sut)

No comments: